Analisis dampak produk pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) bagi nasabah umkm di Bank Syariah Indonesia kcp Lamongan Pasar Babat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Laila (2023) Analisis dampak produk pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) bagi nasabah umkm di Bank Syariah Indonesia kcp Lamongan Pasar Babat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laila Maghfiroh_G74219104.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Dampak Produk Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Nasabah UMKM di Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Pasar Babat” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang ber-tujuan menjawab rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu Bagaimana mekanisme penyaluran pembiayaan KUR di BSI KCP Lamongan Pasar Babat, Bagaimana dampak pembiayaan BSI KUR bagi nasabah UMKM di Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Pasar Babat, dan apa faktor pendukung dan pengham- bat pembiayaan di BSI KUR KCP Lamongan Pasar Babat. Penelitian yang dilakukan di BSI KCP Lamongan Pasar Babat menggunakan teknik kualitatif deskriptif sebagai metodologi penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian lapangan dan didasarkan pada data primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik obsevasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan, serta triangulasi. Pada penelitian skripsi yang dilakukan di BSI KCP Lamongan Pasar Babat dan wa-wancara nasabah yang menerima pembiayaan BSI KUR. Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian ini yaitu, mekanisme pen-yaluran pembiayaan KUR di BSI KCP Lamongan Pasar Babat mempunyai tujuh tahap pembiayaan KUR yaitu pengajuan pembiayaan, slip OJK atau BI Checking, analisis pembiayaan 5C dan 1S, pemberian keputusan, pencairan, dan monitoring. Hasil penelitian menunjukan bahwa nasabah UMKM yang mendapatkan pem-biayaan BSI KUR mengalami pertambahan asset dan omset usaha, hal ini juga di-perkuat oleh teori yang terkait mengenai peningkatan ekonomi dengan adanya modal, dan hasil penelitian juga bahwasanya BSI KCP Lamongan Pasar Babat telah melakukan perannya dalam menyalurkan pembiayaan KUR kepada pelaku UMKM yang mengambil pembiayaan KUR. Selain itu, faktor yang menjadi pen-dukung penyaluran bahwa KUR adalah program pembiayaan dari pemerintah yang disalurkan oleh Lembaga keuangan, dengan keunggulannya BSI KUR yaitu dalam prakteknya sesuai dengan prinsip syariah, margin kompetitif, syarat yang mudah dan proses yang cepat, serta nasabah UMKM tidak hanya diberi pem-biayaan tapi juga mendapatkan monitoring perkembangan usaha nasabah. Se-dangkan faktor penghambat dalam pembiayaan adalah nasabah yang mengajukan pembiayaan yang kurang memenuhi persyaratan dan ketentuan. Pembiayaan KUR di BSI KCP Lamongan Pasar Babat belum di temukan kendala pembiayaan kredit macet atau gagal bayar dari nasabah yang menerima pembiayaan KUR di BSI KCP Lamongan Pasar Babat. Saran nasabah yang menerima pembiayaan KUR agar lebih bijak dalam menggunakan pembiayaan BSI KUR agar berdampak pada perkembangan usaha. Selain itu diharapkan Bank Syariah Indonesia KCP Lamongan Pasar Babat di-harapkan terus menerus memberikan sosialisasi kepada calon nasabah dan nasabah yang menerima KUR.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Lailalailamaghfiroh190@gmail.comG74219104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Dampak KUR; nasabah UMKM; Bank Syariah Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: laila maghfiroh maghfiroh
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:42
Last Modified: 07 Jul 2023 02:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63269

Actions (login required)

View Item View Item