Analisis transformasi struktur ekonomi dan sektor unggulan di kabupaten Pacitan tahun 2010-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zain, Iqbal Abdul Aziz (2023) Analisis transformasi struktur ekonomi dan sektor unggulan di kabupaten Pacitan tahun 2010-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iqbal Abdul Aziz Zain_G91219078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Transformasi struktur ekonomi dan sektor unggulan merupakan upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pengetasan kemiskinan dengan memperkuat struktur perekonomian yang potensial. Untuk menjamin terciptanya transformasi struktur ekonomi yang sesuai dengan potensi sektor unggulan daerah, maka diperlukan upaya pengelolaan sesuai dengan kemampuan masing-masing daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan struktur ekonomi, sektor yang tumbuh secara progresif dan spesialisasi sektor ekonomi di Kabupaten Pacitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder yaitu data PDRB Kabupaten Pacitan dan Provinsi Jawa Timur ADHK 2010 tahun 2010-2021. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Location Quotient, Shift Share, Tipologi Klassen dan Overlay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur perekonomian di Kabupaten Pacitan tidak banyak mengalami pergeseran. Namun, terjadi penurunan pada sektor primer dan peningkatan pada sektor tersier dan sekunder. Sektor yang tumbuh progresif yakni: 1) konstruksi; 2) perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor; 3) penyediaan akomodasi dan makan minum; 4) jasa pendidikan dan 5) jasa kesehatan dan jaminan sosial. Sektor yang terspesialisasi yakni: 1) pertanian, kehutanan, dan perikanan; 2) pertambangan dan penggalian; 3) konstruksi; 4) informasi dan komunikasi; 5) administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib; 6) jasa pendidikan; 7) jasa kesehatan dan kegiatan sosial dan 8) jasa lainnya. Penelitian ini memberikan rekomendasi kebijakan yang dapat dilakuhkan antara lain adalah penataan dasar dalam pengembangan sektor unggulan, menciptakan iklim investasi yang lebih kondusif, mengembangkan industri pengolahan serta menemukan core competence sektor unggulan di Kabupaten Pacitan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zain, Iqbal Abdul Azizg91219078@student.uinsby.ac.idG91219078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Betty Silfia Ayubetty.silfia@uinsby.ac.id0010068707
Subjects: Ekonomi
Hukum Ekonomi
Kebijakan Publik
Penghasilan Daerah
Keywords: Transformasi struktur ekonomi; sektor unggulan; spesialisasi sektor.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Iqbal Abdul Aziz Zain
Date Deposited: 08 Jul 2023 05:34
Last Modified: 08 Jul 2023 05:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63274

Actions (login required)

View Item View Item