Studi komparasi kecerdasan spiritual peserta didik kelas prestasi dengan kelas reguler di MAN Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nevyasandi, Pramarine (2023) Studi komparasi kecerdasan spiritual peserta didik kelas prestasi dengan kelas reguler di MAN Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Pramarine Nevyasandi_D91219143_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan menurut para ahli terbagi menjadi 3 macam antara lain kecerdasan intelektual (Intelligence Quotient), kecerdasan emosional (Emotional Quotient), serta kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient). Penelitian kali ini, penulis akan terfokus membahas terkait kecerdasan spiritual. Adapun definisi dari kecerdasan spiritual sendiri ialah kecerdasan yang berfungsi untuk mengoptimalkan kondisi jiwa yang memiliki kemampuan serta kepekaan untuk memaknai peristiwa yang terjadi. Penelitian ini bertujuan : (1) mengetahui kecerdasan spiritual peserta didik kelas prestasi di MAN Sidoarjo (2) mengetahui kecerdasan spiritual peserta didik kelas regular di MAN Sidoarjo (3) mengetahui komparasi kecerdasan spiritual peserta didik kelas prestasi dengan kelas regular di MAN Sidoarjo.Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Obyek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA di MAN Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket, wawancara, dan observasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis uji Independent Sample T-Test..Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) persentase kecerdasan spiritual yang dimiliki peserta didik kelas prestasi di MAN Sidoarjo dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan dan analisa data angket yang menghasilkan skor sebesar 77,82% (2) persentase hasil kecerdasan spiritual peserta didik kelas reguler di MAN Sidoarjo dalam kategori sangat baik. Hasil yang didapat yaitu 81,11%. Apabila dilihat dari kategori persentase maka kecerdasan spiritual kelas reguler dalam kategori sangat baik (3) uji Independent Sample T-Test menghasilkan taraf signifikansi sebesar 0,160 dan 0,149 dengan ini lebih besar dari 0,05 maka artinya H0 diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nevyasandi, Pramarinenevyasandi@gmail.comD91219143
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Kecerdasan
Pendidikan Islam
Spiritualisme
Keywords: Kecerdasan Spiritual; Kelas Prestasi; Kelas Reguler
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pramarine Nevyasandi
Date Deposited: 08 Jul 2023 07:29
Last Modified: 08 Jul 2023 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63275

Actions (login required)

View Item View Item