Peran komunitas kedaibilitas dalam menciptakan masyarakat inklusif: studi kasus kewirausahaan sosial bagi disabilitas di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatullah, Annisa Rizkia Ahmad (2023) Peran komunitas kedaibilitas dalam menciptakan masyarakat inklusif: studi kasus kewirausahaan sosial bagi disabilitas di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Rizkia Ahmad Rahmatullah_I73219040.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kewirausahaan social yang dijalankan oleh komunitas kedaibilitas dalam menciptakan masyarakat inklusif bagi disablitas di Kota Surabaya dan mengetahui faktor penghambat yang dialami komunitas dalam menciptakan masyarakat inklusif bagi disabilitas serta mengatasi hambatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstuktur dan dokumentasi. Sedangkan pemilhan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini teori yang dipakai untuk menganalisis data adalah teori solidaritas social Emile Durkheim. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) bentuk kewirausahaan sosial yang dijalankan kedaiblitas yang pertama dalam bidang kuliner seperti menjual berbagai makanan dan minuman diantaranya menjual dimsum, churcol, donat, pisang bolen, roti maryam, nasi babat paru, rice box, brownies cookies, nastar, dan kue kering lainnya sedangkan minumanya berupa aneka macam kopi, the, dan varians ice blend. Yang kedua adalah kewirusahaan social dalam bidang kerajinan tangan seperti bros hijab, masker, strep masker, hampres, pita rambut, dan masih banyak lagi. Kedaiblitas juga membukan kewiruasahaan social yang bergerak dalam bidang MUA atau make up artis untuk acara tunagan atau pernikahan. Dan yang terkahir adalah kewirausahaan social yang bekerjasama dengan instansi pemerintah atau non pemerintah dengan menempatkan teman disabilitas yang sudah berkompeten untuk menjadi salah satu karyawannya. (2) Adapun factor penghambat yang dialami kedaibilitas adalah dalam bidang pendanaan yang masih kurang dalam memberikan pelayanan atau sarana dan prasarana untuk mengembangkan kewirausahaan, sulitnya melatih dan mengarahkan teman-teman disabilitas, lingkungan yang kurang mendukung, dan kurangnya generasi muda yang memiliki minat untuk membantu disabilitas dalam meningkatkan kualitas hidupnya. (3) Solusi mengatasi permasalahan tersebut adalah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam mempromosikan segala bentuk kewirausahaan social dan menggunakan media social sebagai alat untuk branding, melakukan dengan rasa ikhlas dan dibutuhkan kesabaran ekstra yang luar biasa, memanfaatkan kartu surabaya inklusi sebagai jembatan menciptakan masyarakat inklusif, serta mengajak generasi muda sebagai relawan social untuk bergabung di kedaibilitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatullah, Annisa Rizkia Ahmadannisarizkia1234@gmail.comI73219040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamaltaufiq70@gmail.com--
Subjects: Sosiologi
Keywords: Komunitas; kedaibilitas; masyarakat inklusif; kewirausahaan sosial; disabilitas
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Annisa Rahmatullah
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:40
Last Modified: 10 Jul 2023 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63277

Actions (login required)

View Item View Item