Kontribusi pemikiran Ahmad Izzudin dalam perkembangan kajian dan komunitas Ilmu Falak di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nikmah, Ckamilatun (2023) Kontribusi pemikiran Ahmad Izzudin dalam perkembangan kajian dan komunitas Ilmu Falak di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ckamilatun Nikmah_C06219009_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan Ilmu Falak di Indonesia sangat menarik untuk dibahas. Terdapat dua elemen perkembagan Ilmu Falak di Indonesia yang sangat pesat perkembangannya yaitu dari kacamata pemikiran Ahmad Izzudin dalam kajian dan komunitas Ilmu Falak di Indonesia. Skripsi ini menjawab pertanyaan yang tertuang dalam rumusan masalah, meliputi : bagaimana kontribusi pemikiran Ahamad Izzudin dalam perkembangan kajian Ilmu falak di Indonesia? dan bagaimana kontribusi pemikiran Ahmad Izzudiin dalam perkembangan komunitas Ilmu falak di Indonesia yaitu ADFI, APFI, dan KFPI?. Penulis dalam penyusunan skripsi ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan campuran antara penelitian lapangan (file research) dan penelitian pustaka (library research).Data primer pada skripsi ini adalah hasil wawancara (interview) kepada Dr. KH. Ahmad Izzudin selaku objek penelitian. Sedangkan data sekunder adalah Buku-buku, jurnal, skripsi, artikel, dan sumber lainya yang memiliki kesinambungan atau ada hubunganya dengan pembahasan penelitian penulis. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, untuk menggambarkan dan menjelaskan hasil analisis penulis.Hasil penelitian ini menyimpulkan : pertama, kontribusi pemikiran Ahmad Izzudin dalam perkembangan kajian Ilmu Falak di Indonesia dibuktikanya teori teori kajian dalam ke lima bukunyadapat menjawab dalam permasalahan penetuan awal bula dan arah kiblat, menambah Teori-teori kajian Ilmu Falak, memperkaya kazanah keilmuan dan menambah sumber refrensi yang tidak hanya bersumber dari kitab. Kedua, kontribusi pemikiran Ahmad Izzudin dalam perkembanga Komunitas Ilmu Falak di Indonesia dibuktikan dangan terbentuknya komunitas ADFI, APFI, KFPI. Banyaknya dosen-dosen, ahli falak, mahasiswa, pesantren pesanten yang tergabung didalam komunitas tersebut dengan menyatukan pemikiran, membuat banyak kegiatan atau praktik di lapagan yang bertujuan untuk mengembangkan Ilmu Falak di Indonesia.
Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan untuk menjadikan buku-buku karya Ahmad Izzudin sebgai refrensi, mengaktifkan kembali kegiatan-kegiatan yang ada didalam komunitas, menyarakan utuk peneliti lain meneliti karya-karya Ahmad Izzudin lainnya yang dapat di teliti tentang ilmu Falak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nikmah, Ckamilatunmailtockmila@gmail.comC06219009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Adiadidamanhuri@uinsby.ac.id0301118605
Subjects: Biografi
Pemikiran
Buku
Keywords: Ilmu Falak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Ckamilatun Nikmah
Date Deposited: 08 Jul 2023 07:40
Last Modified: 08 Jul 2023 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63280

Actions (login required)

View Item View Item