Efektivitas penggunaan media podcast dalam aplikasi spotify untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas VIII SMPM 15 Brondong Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatroh, Amelia Laili (2023) Efektivitas penggunaan media podcast dalam aplikasi spotify untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas VIII SMPM 15 Brondong Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amelia Laili Fatroh_D91219098.pdf

Download (3MB)

Abstract

Podcast merupakan sebuah hasil rekaman audio yang berisi informasi yang diunggah di website atau portal tertentu sehingga dapat didengarkan oleh semua orang kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa masalah yaitu (1) Pemahaman peserta didik sebelum menggunakan media podcast dalam aplikasi spotify pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII SMPM 15 Brondong lamongan (2) Pemahaman peserta didik setelah menggunakan media podcast dalam aplikasi spotify pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII SMPM 15 Brondong lamongan (3) Efektivitas penggunaan media podcast dalam aplikasi spotify untuk meningkatan pemahaman peserta didik pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas VIII SMPM 15 Brondong lamongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan bentuk penelitian eksperimen dengan desain true eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah independent t-test untuk melihat signifikasi perbedaan kelas kontrol dan eksperimen dan N-Gain Score untuk mengukur efektivitas penggunaan media podcast. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) Pemahaman peserta didik sebelum penggunaan media podcast dalam aplikasi spotify pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam tergolong rendah dengan hasil rata-rata 12.44 pada kelas kontrol, dan 12.68 pada kelas eksperimen (2) Pemahaman peserta didik setelah penggunaan media podcast dalam aplikasi spotify pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam mengalami peningkatan sehingga tergolong lebih baik dengan hasil rata-rata 81.48 pada kelas eksperimen, dan 75.36 pada kelas kontrol (3) Penggunaan media podcast dalam aplikasi spotify efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas VIII SMPM 15 Brondong Lamongan. Dan untuk nilai efektivitas penggunaan media podcast dalam aplikasi spotify ditafsirkan menggunakan uji N-Gain Score yang mana hasil tes tersebut untuk kelas eksperimen adalah sebesar 78,6612 atau 78,6 % termasuk dalam kategori efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatroh, Amelia Lailiamelialaili50@gmail.comD91219098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Efektivitas; media podcast spotify; pemahaman peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amelia Laili Fatroh
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:50
Last Modified: 10 Jul 2023 06:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63282

Actions (login required)

View Item View Item