Analisis soal asesmen kompetensi minimum jenjang SMP sederajat tahun 2022/2023 mengacu pada taksonomi bloom revisi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyyah, Zainabul (2023) Analisis soal asesmen kompetensi minimum jenjang SMP sederajat tahun 2022/2023 mengacu pada taksonomi bloom revisi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zainabul Fitriyyah_D74219038.pdf

Download (10MB)

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum ialah upaya untuk mengukur keterampilan dasar peserta didik yang mencakup kemampuan bernalar mengenai teks (literasi) dan angka (numerasi). Kemendikbud menetapkan AKM sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) dikarenakan rendahnya literasi peserta didik di Indonesia dari hasil tes PISA dan minimnya kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis serta bernalar untuk menyelesaikan soal higher order thinking skills (HOTS) yang dimuat dalam soal UN. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proporsi jenjang proses kognitif soal Asesmen Kompetensi Minimum Komponen Numerasi Jenjang SMP Sederajat Tahun 2022/2023 Mengacu Pada Taksonomi Bloom Revisi.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan analisis dari soal AKM. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumentasi dengan pengumpulan nformasi atau data yaitu dari berbagai sumber tertulis seperti buku, teori, jurnal, artikel, dokumen, argumentasi, catatan, dan lain sebagainya. Dokumen yang digunakan yaitu dokumen resmi Pusat Asesmen Pendidikan (PUSMENDIK) dalam bentuk soal-soal AKM komponen numerasi jenjang SMP sederajat tahun 022/2023. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proporsi soal AKM komponen numerasi jenjang SMP sederajat tahun 2022/2023 dimensi proses kognitif yaitu mengingat (C1) sebesar 2,8%, memahami (C2) sebesar 25%, mengaplikasikan (C3) sebesar 50%, menganalisis (C4) sebesar 19,4%, mengevaluasi (C5) sebesar 2,8%, dan mencipta (C6) sebesar 0%. Sedangkan proporsi soal AKM komponen numerasi dimensi jenis pengetahuan yaitu pengetahuan faktual sebesar 2,8%, pengetahuan konseptual sebesar 69,4%, pengetahuan prosedural sebesar 25%, dan pengetahuan metakognitif sebesar 2,8%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyyah, Zainabulzainabul.fitriyyah@gmail.comD74219038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Keywords: Soal asesmen kompetensi minimum; proses kognitif; jenis pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Zainabul Fitriyyah
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:44
Last Modified: 10 Jul 2023 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63290

Actions (login required)

View Item View Item