Efektivitas pengelolaan dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat di desa Betek kecamatan Mojoagung kabupaten Jombang: studi kasus desa Betek kecamatan Mojoagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Elfina, Wahyu (2023) Efektivitas pengelolaan dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat di desa Betek kecamatan Mojoagung kabupaten Jombang: studi kasus desa Betek kecamatan Mojoagung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Elfina_G71219059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Terhadap Pemberdayaan Masyarakat di Desa Betek Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang (Studi kasus Desa Betek Kecamatan Mojoagung)” ini merupakan hasil penelitian kualitatif studi kasus yang bertujuan untuk melihat efektivitas dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat di Desa Betek kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolan dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat sudah dikatakan sangat efektif, untuk program pemeliharaan saluran irigasi, Opt Tikus, Fasilitasi Ops. Kelompok GSI, Fasilitasi & Operasional PUSKESOS, dan Bantuan peralatan usaha kerja, dan program yang tidak efektif yaitu pelatihan pembuatan pupuk dan penyuluhan pemberdayaan perempuan. Hal tersebut dibuktikan dengan, peneliti melakukan analisis efektivitas dengan menggunakan teori dari Kettner, Martin, dan Monorey yang dimana mengacu pada lima komponen yaitu Effort (upaya), Cost efficiency (Efisiensi Biaya), Result (hasil), Cost Effectiveness (Efektivitas Biaya), dan Impact (Dampak). Dengan menggunakan kelima komponen tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan dana desa di Desa Betek Kecamatan Mojoagung dapat dikatakan sangat efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Elfina, Wahyuelfinawahyu32@gmail.comG71219059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangashari.lintang@uinsby.ac.id2008119401
Subjects: Ekonomi
Keywords: Efektivitas pengelolaan; dana desa, pemberdayaan masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Wahyu Elfina
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:21
Last Modified: 17 Jul 2023 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63291

Actions (login required)

View Item View Item