Efektivitas pembelajaran matematika menggunakan metode hybrid learning berbantuan media google classroom dalam meningkatkan hasil belajar siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Nesyagangga Nadia (2023) Efektivitas pembelajaran matematika menggunakan metode hybrid learning berbantuan media google classroom dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nesyagangga Nadia Putri_D4219030.pdf

Download (9MB)

Abstract

Metode Hybrid Learning adalah metode yang menggabungkan pembelajaran daring dan luring yang dilaksanakan secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan pembelajaran matematika menggunakan metode Hybrid Learning berbantuan media Google Classroom dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang dilihat dari aspek aktivitas siswa, aktivitas guru, respon siswa, dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Ponggok, Kabupaten Blitar. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive or judgement sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMPN 3 Ponggok sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan guru, angket respon siswa, dan soal pre-test dan post-test. Adapun materi yang diajarkan adalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data aktivitas siswa, aktivitas guru, respon siswa, dan analisis statistik deskriptif dan inferensial menggunakan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Aktivitas siswa termasuk kategori aktif. (2) Aktivitas guru termasuk kategori sangat baik. (3) Respon siswa termasuk dalam kategori positif. (4) Hasil belajar siswa sebelum mengikuti pembelajaran kurang dari KKM dengan rata-rata sebesar 6,107. (5) Hasil belajar siswa meningkat setelah mengikuti pembelajaran matematika, tetapi kurang dari KKM dengan rata-rata sebesar 18,8609. (6) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran. Walaupun terdapat perbedaan hasil belajar, tetapi rata-ratanya masih kurang dari KKM. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode Hybrid Learning berbantuan media Google Classroom belum efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan perlu dilaksanakan dalam beberapa kali pertemuan, sehingga lebih tepat digunakan sebagai metode pendukung dalam belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Nesyagangga Nadiagangganesh14@gmail.comD7421030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Efektivitas; hybrid learning; google classroom; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nesyagangga Nadia Putri
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:22
Last Modified: 10 Jul 2023 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63296

Actions (login required)

View Item View Item