Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah pembelajaran model project based learning (PJBL) berbasis kurikulum merdeka di MTSN 4 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fistanti, Nur Aini Ayu' (2023) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah pembelajaran model project based learning (PJBL) berbasis kurikulum merdeka di MTSN 4 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aini Ayu' Fistanti_D04219008.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah suatu keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik dalam mengenali masalah, mendefinisikan masalah, mengumpulkan beberapa solusi, mengujikan beberapa ide atau penyelesaian, dan mengambil keputusan pemecahan masalah yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) berbasis kurikulum merdeka di MTsN 4 Kota Surabaya. Untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ini digunakan indikator pemecahan masalah yang disesuaikan dengan tahap pemecahan masalah menurut John Dewey. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang telah dilaksanakan di MTsN 4 Kota Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian diambil 6 orang peserta didik dari kelas VII-B di MTsN 4 Kota Surabaya. Keenam subjek penelitian diambil dengan mempertimbangkan kemampuan berkomunikasi lisan yang lancar serta yang memiliki tulisan yang baik berdasarkan nilai rapor matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara berbasis tugas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa empat siswa diantaranya yaitu subjek S1, S2, S3, dan S4 mampu memenuhi seluruh indikator pemecahan masalah matematis kecuali memecahkan masalah dengan cara lain dari perspektif yang berbeda sebab subjek hanya mampu menyelesaikan soal dengan satu cara saja, sedangkan dua siswa lainnya yaitu subjek S5 dan S6 hanya mampu mencapai satu indikator saja yaitu mengenali masalah dan tidak mampu memenuhi indikator lainnya dalam memecahkan masalah berdasarkan tahap pemecahan masalah menurut John Dewey.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fistanti, Nur Aini Ayu'ayukfistanti6840@gmail.comD04219008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis; project based learning; kurikulum merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Aini Ayu' Fistanti
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:26
Last Modified: 10 Jul 2023 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63302

Actions (login required)

View Item View Item