Nilai pendidikan karakter dalam film sang prawira, analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurlaili, Eka (2022) Nilai pendidikan karakter dalam film sang prawira, analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Full text not available from this repository.

Abstract

Eka Nurlaili, NIM B95218107, 2022. Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Sang Prawira (Analisis Semiotika Roland Barthes). Penelitian ini membahas tentang karakter tokoh yang ada dalam Film Sang Prawira, dengan tujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos dari nilai pendidikan karakter dalam Film Sang Prawira. Peneliti menggunakan metode analisis semiotika milik Roland Barthes dengan pendekatan kritis dan teori simbol milik Susanne Langer. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis nilai pendidikan karakter yang digambarkan oleh pemeran film melalui karakter tokoh ke dalam scene atau adegan di Film Sang Prawira yang kemudian di analisis dengan metode Roland Barthes dan teori simbol milik Susanne Langer dengan menjelaskan makna detonasi, konotasi dan mitos. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa karakter tokoh dalam Film Sang Prawira mengandung beberapa nilai pendidikan karakter yaitu : trustworthiness (kepercayaan), fairness (keadilan), caring (kepedulian), respect (menghormati), citizenship (kewarganegaraan) dan responsibility (bertanggung jawab). Nilai-nilai pendidikan karakter ini dapat digunankan dan di aplikasikan dalam kehidupan nyata untuk menhindari masalah-masalah sosial yang terjadi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurlaili, Ekaekanurlaili14@gmail.comB95218107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, Muchlismuchlis_79@yahoo.com2024117902
Subjects: Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Ilmu Komunikasi
Kewarganegaraan
Kepribadian
Etika
Kepemimpinan
Keywords: Analisis semiotika; pendidikan karakter; film
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Eka Nurlaili
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:20
Last Modified: 21 Jul 2023 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63303

Actions (login required)

View Item View Item