Efektivitas konseling kelompok dengan teknik uswatun hasanah untuk mengurangi ketergantungan gawai pada siswa MI-Al Muhajirin I Desa Latukan Karanggeneng Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikam, Muhammad Barik Fathul (2023) Efektivitas konseling kelompok dengan teknik uswatun hasanah untuk mengurangi ketergantungan gawai pada siswa MI-Al Muhajirin I Desa Latukan Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Barik Fathul Hikam_B93219131.pdf

Download (18MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain penelitian control group pre-test post-test. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa MI Al Muhajirin I yang berjumlah 125 siswa, dengan jumlah sampel yang diambil adalah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat perbedaan tingkat ketergantungan gawai pada pretest dan posttest kedua kelas. Hal tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis dengan nilai signifikasi pada kedua kelas yang kurang dari 0,05 2) Nilai pada kelas eksperimen lebih rendah daripada kelas kontrol (84 < 90,9) maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik uswatun hasanah efektif untuk mengurangi tingkat ketergantungan gawai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikam, Muhammad Barik Fathulfathulhikam10@gmail.comB93219131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, Srisri.astutik@uinsby.ac.id2005025902
Subjects: Bimbingan Penyuluhan
Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling kelompok; teknik uswatun hasanah; ketergantungan gawai
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Barik Fathul Hikam
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:26
Last Modified: 12 Jul 2023 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63319

Actions (login required)

View Item View Item