Etika bermasyarakat perspektif Hamka dalam Tafsir Al Azhar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiah, Kamelia Ainul (2023) Etika bermasyarakat perspektif Hamka dalam Tafsir Al Azhar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kamelia Ainul Lutfiah_E93219094 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tulisan ini membahas mengenai etika bermasyarakat dalam Al-Qur’an menggunakan kacamata penafsiran Hamka sebagai respons terhadap perilaku masyarakat Indonesia yang kian hari dilanda krisis moral dengan ditandai banyaknya fenomena sosial yang mengancam kedamaian dan merusak ketentraman dalam lingkungan bermasyarakat. Selain mendeskripsikan mengenai penafsiran Hamka tentang etika bermasyarakat, penelitian itu turut diperkaya dengan teori kontekstual Abdullah Saeed yang digunakan sebagai tolok ukur kontekstual penafsiran Hamka dalam kehidupan sekarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research) dengan menerapkan model penelitian kualitatif dan dalam menyajikannya menggunakan deskriptif-analitis. Penggalian ayat-ayat tentang etika bermasyarakat dalam Al-Qur’an menggunakan kajian tafsir tematik tokoh yang mengambil pembahasan tema etika bermasyarakat dan fokus pada pemikiran Hamka sebagai tokoh tafsir asli Indonesia. Dari pembahasan yang telah dipaparkan penulis pada bab-bab sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Hamka mengklasifikasikan etika bermasyarakat menjadi dua bagian, yaitu yang pertama berupa perintah melakukan hal-hal baik meliputi bersikap adil, berbuat ihsan, memerhatikan kerabat, meneliti berita, menjaga perdamaian dan menjaga persaudaraan. Sedangkan yang kedua berupa larangan melakukan hal-hal buruk meliputi berbuat keji, berbuat munkar, berbuat aniaya, menghina, mencela, memberi gelar buruk, berprasangka buruk, mencari-cari kesalahan orang lain dan ghibah. 2) Apabila dikaji dari teori kontekstual Abdullah Saeed, penafsiran Hamka tergolong kepada penafsiran kontekstual yang dapat dilihat dalam rentetan langkah penafsirannya yang tidak memisahkan tekstual ayat, asbab an-nuzul, dan konteks. Hubungan antar ketiga aspek tersebut memiliki keterkaitan yang erat dalam memahami makna Al-Qur’an secara komprehensif sehingga masih relevan untuk diterapkan dalam kehidupan sekarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiah, Kamelia Ainulkamelialutfiah59@gmail.comE93219094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, Abu Bakarabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Subjects: Masyarakat
Etika
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Etika; bermasyarakat; Tafsir Al Azhar
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: kamelia ainul lutfiah
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:33
Last Modified: 13 Jul 2023 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63326

Actions (login required)

View Item View Item