Strategi guru dalam meningkatkan regulasi emosi pada anak usia dini: studi kasus di TK Al-Husna Tanjungsari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Inassari, Yasmin (2022) Strategi guru dalam meningkatkan regulasi emosi pada anak usia dini: studi kasus di TK Al-Husna Tanjungsari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yasmin Inassari_D09219023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang dihadapi oleh siswa, pada dasarnya siswa mempunyai tingkat emosi yang berbeda-beda dan siswa diharuskan untuk mampu melatih mengendalikan emosinya secara mandiri sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana regulasi emosi pada siswa J dan M mengapa regulasi emosi itu dapat terjadi. Regulasi emosi merupakan kemampuan individu yang mampu mengontrol munculnya emosi secara sadar baik dari emosi negatif maupun positif, sehingga jika dalam diri individu tersebut muncul emosi negatif akan mampu mengendalikannya secara mandiri dan untuk mengetahui apa saja strategi yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan regulasi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara yang dilakukan dengan guru kelas kelompok B yaitu ibu Sri dan ibu Artik, metode observasi yang dilakukan secara langsung di kelas kelompok B TK Al-Husna Tanjungsari Surabaya dan metode dokumentasi yaitu berupa gambar atau foto pada saat observasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa masih terdapat 2 siswa dari jumlah siswa 28 siswa yang masih belum mampu untuk menerapkan regulasi emosi atau masih belum mampu untuk mengendalikan emosinya secara mandiri. Hal ini ditandai dengan di TK Al-Husna Tanjungsari masi terdapat siswa yang masih sibuk untuk bermain sendiri daripada memperhatikan guru. Selain itu hasil penelitian membuktikan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan regulasi emosi siswa sudah baik memadai pada saat dilakukan. Adapun strategi yang dilakukan adalah (1) Menenangkan anak jika anak mulai meluapkan emosinya, 2) Memberikan contoh yang baik untuk mengatur cara mengatasi kekecewaan dan ketegangan anak.(3) Memberikan reward yang positif pada anak ketika mampu berperilaku baik. (4) Mengupayakan untuk menciptakan suasana lingkungan yang tenang. (5) Mengajarkan siswa untuk mampu bermain dengan sportif. (6) Menjalin komunikasi yang terbuka antara guru dan siswa. (7) Mengajarkan siswa untuk tertib pada saat mengantri. (8) Mengajak siswa untuk bermain peran. (9) Mengenalkan kepada siswa sikap rasa toleransi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Inassari, Yasminyasmininassari123@gmail.comD09219023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Subjects: Anak > Kepribadian
Keywords: Strategy; emotion regulation; early childhood
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: yasmin inassari
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:37
Last Modified: 14 Jul 2023 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63331

Actions (login required)

View Item View Item