Kontestasi habaib moderat dan habaib radikal perspektif teori hegemoni Ernesto Laclau

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmad, Fajar Hidayatulloh (2023) Kontestasi habaib moderat dan habaib radikal perspektif teori hegemoni Ernesto Laclau. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fajar Hidayatulloh Ahmad_E71219042.pdf

Download (2MB)

Abstract

Antara warga Alawiyyin yang lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan habib, dan keturunan Arab umumnya yang sedang menjadi perbincangan hangat, yaitu kontestasi antara habaib moderat dan radikal. Polemik ini menimbulkan keresahan di kalangan keturunan Yaman yang melihat keadaan komunitasnya yang di Indonesia yang terjebak oleh politik segregasi kolonial yang mengakibatkan kelompok mereka terpisah dengan masyarakat pribumi menjadi sebuah ras yang terkesan elit dan asing (bukan bagian dari pribumi). Keterasingan ini diperparah lagi dengan munculnya pengerasan identitas di sebagian kalangan Alawiyyin yang menimbulkan polemik internal di kalangan mereka dalam masalah seputar kafa’ah. Konflik seputar kafa’ah ini kemudian merambat dan berdampak hingga persoalan pandangan politik, madzhab, dan metode dakwah. Dari latar ini kemudian akan memunculkan sebuah rumusan masalah mengenai bagaimana situasi kontestasi di kalangan habaib yang kemudian mendorong minat untuk menjelaskan wacana kontestasi hegemoni antara habaib moderat dan habaib radikal di Indonesia yang merupakan tujuan tertulisnya tugas akhir ini. Skripsi ini menggunakan metode kajian pustaka dengan pendekatan teori hegemoni Ernesto Laclau. Sehingga pada akhir pembahasan didapatkan sebuah kesimpulan bahwa perpecahan kedua kubuh Alawiyyin yang saling menghegemoni tidak lepas dari pengaruh konstruksi historis yang mengakibatkan perbedaan artikulasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmad, Fajar Hidayatullohfajarhid1@gmail.comE71219042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmam, Muchammad Helmihelmi.umam@uinsby.ac.id2004057901
Subjects: Agama
Filsafat
Keywords: Hegemoni; Habib; moderat; radikal; Ernesto Laclau
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: FAJAR HIDAYATULLOH AHMAD
Date Deposited: 14 Jul 2023 09:29
Last Modified: 14 Jul 2023 09:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63345

Actions (login required)

View Item View Item