Analisis penerapan akad Wakalah bi Al Ujrah Asuransi berbasis Unit Link: studi pada produk Takafulink Salam Community PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasbila, Salwa (2022) Analisis penerapan akad Wakalah bi Al Ujrah Asuransi berbasis Unit Link: studi pada produk Takafulink Salam Community PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salwa Hasbila_G04218057 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Penerapan Akad Wakalah Bi Al Ujrah Asuransi Berbasis Unit Link (Studi pada Produk Takafulink Salam Community PT Asuransi Takaful Keluarga)” merupakan hasil studi lapangan terhadap penerapan akad wakalah bi al ujrah pada produk unitlink di Asuransi Takaful Surabaya. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah bagaimana penerapan akad wakalah bi al ujrah pada unit link di Asuransi Takaful Surabaya serta pengelolaan investasinya. Data yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara, obervasi serta dokumen-dokumen yang kemudian di analisis menggunakan analisis deskriptif yang menjelaskan tentang akad wakalah bi al ujrah yang dihubungkan dengan pengelolaan investasi untuk selanjutnya mendapatkan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa produk Takafulink Salam Community menggunakan akad Wakalah Bi Al Ujrah sebagai akad utamanya dalam bertransaksi termasuk dalam proses investasinya yang sesuai dengan prinsip syariah dan juga Fatwa DSN-MUI Nomor 52 tahun 2006. Lalu untuk pengelolaan investasi pihak Asuransi Takaful Surabaya memberikan kebebesan memilih kepada pemegang polis terhadap fund serta resiko yang diinginkan namun terdapat salah pemahaman terhadap pemegang polis terhadap hasil investasi yang didapatkan dikarenakan dana yang dibayarkan akan masuk kedalam investasi setelah 5 tahun keikutsertaan dalam produk Takafulink Salam Community hal ini dikarenakan pada tahun pertama hingga keempat dana akan di bagi kedalam tiga pos yaitu asuransi, ujrah dan investasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasbila, Salwasalwahasbilaa@gmail.comG04218057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasadah, Masadahadahmas@yahoo.co.id2105127801
Subjects: Asuransi Islam
Keywords: Asuransi syariah; akad Wakalah bi Al Ujrah; Takafulink Salam Community; Fatwa DSN MUI
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Salwa Hasbila
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:55
Last Modified: 13 Jul 2023 04:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63346

Actions (login required)

View Item View Item