Dampak pandemi Covid-19 bagi kehidupan sosial ekonomi pengrajin sangkar burung di Desa Sanggra Agung Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riska, Riska (2023) Dampak pandemi Covid-19 bagi kehidupan sosial ekonomi pengrajin sangkar burung di Desa Sanggra Agung Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riska_I93218085 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mewabahnya pandemi Covid-19 secara luas di Indonesia khususnya di Desa Sanggra Agung bukan hanya berdampak terhadap kesehatan saja, akan tetapi berdampak pula bagi kehidupan sosial ekonomi pengrajin sangkar burung. Penelitian ini membahas mengenai dampak sosial dan ekonomi yang menimpa pengrajin sangkar burung di Desa Sanggra Agung serta bagaimana upaya yang dilakukan oleh pengrajin sangkar burung dalam mengatasi dampak sosial ekonomi sebagai akibat Covid-19. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori struktural fungsional Talcott Parsons. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku pengrajin sangkar burung tidak mengalami perubahan dan interaksi sosial berjalan normal seperti sebelum pandemi. Di sektor ekonomi, virus corona mengakibatkan tingkat pendapatan pengrajin sangkar burung mengalami penurunan yang berbanding terbalik dengan kebutuhan hidup saat pandemi mengalami peningkatan diikuti lonjakan harga berbagai kebutuhan pokok. Merespon problematika tersebut pengrajin sangkar burung melakukan berbagai upaya untuk mengatasi dampak sosial ekonomi akibat Covid-19. Upaya yang dilakukan oleh pengrajin sangkar burung diantaranya: mengatur keuangan dengan baik, melakukan strategi bertahan hidup yang meliputi strategi aktif,strategi pasif, dan strategi jaringan, serta mengembangkan kreativitas dan inovatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riska, Riskariskiana813@gmail.comI93218085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahryan@yahoo.co.id2001037701
Subjects: Ekonomi
Kesejahteraan Sosial
Sumber Daya Manusia
Keywords: Dampak; Covid-19; sosial; ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: riskiana azizah
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:03
Last Modified: 13 Jul 2023 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63349

Actions (login required)

View Item View Item