Efektivitas konseling kelompok menggunakan restrukturisasi kognitif islami untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Zainuddin Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Augustin Chandra (2023) Efektivitas konseling kelompok menggunakan restrukturisasi kognitif islami untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Zainuddin Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Augustin Chandra Dewi_B93219104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif islami untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas VIII SMP Zainuddin Waru dan untuk mengetahui seberapa efektif konseling kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif islami untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP Zainuddin Waru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan di SMP Zainuddin Waru yang berlokasi di Desa Ngeni, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Terdapat tiga tahapan penelitian yaitu pretest (pengambilan nilai awal), intervensi, dan posttest (pengambilan nilai akhir). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,004 yang dimana berada di bawah nilai taraf signifikansi 0,05 menggunakan uji Paired T Test. Hal ini membuktikan bahwa restrukturisasi kognitif islami efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII. Hasil N-Gain didapatkan nilai sebesar 0,3 dimana berada pada kategori sedang, yang artinya efektivitas restrukturisasi kognitif islami berada pada kategori sedang untuk mengatasi kepercayaan diri siswa kelas VIII.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Augustin Chandracwcedewichandra@gmail.comB93219104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Mohamadmohamadthohirbki@gmail.com2017057902
Subjects: Bimbingan Konseling
Anak > Kepribadian
Keywords: Restrukturisasi kognitif islami; konseling kelompok; percaya diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Augustin Chandra Dewi
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:53
Last Modified: 13 Jul 2023 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63357

Actions (login required)

View Item View Item