Makna musik gereja dalam pelaksanaan ibadah bagi jemaat GPIB Jemaat Bukit Harapan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isvani, Amelia Firda (2023) Makna musik gereja dalam pelaksanaan ibadah bagi jemaat GPIB Jemaat Bukit Harapan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amelia Firda Isvani_E72219036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam ibadah Kristen, musik merupakan suatu bagian yang tidak dapat terpisahkan. Ketika kita membahas mengenai musik dalam ibadah gereja, tentu akan muncul pertanyaan mengenai apa peran musik dalam suatu ibadah sehingga memotivasi para jemaat untuk menyembah Tuhan? dan apa sebenarnya fungsi serta tujuan musik dalam suatu ibadah? Dalam menjawab pertanyaan mengenai hal tersebut, penulis menggunakan metode kualitatif studi kepustakaan untuk memfokuskan pada aspek pemahaman yang mendalam. Penulis menemukan bahwa dari hal tersebut, musik menjadi salah satu bentuk ekspresi serta sarana untuk komunikasi antara manusia dengan Tuhan. Musik juga dapat menjadi sebuah sarana untuk pemulihan bagi jiwa seseorang dan dapat untuk sebagai pengantar firman Tuhan. Musik yang dibawakan pada saat peribadatan berlangsung dapat menjadi renungan bagi setiap jemaat yang mengikutinya. Tidak hanya jemaat melainkan para pelayan gereja juga turut mengambil bagian dalam kebaktian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isvani, Amelia Firdaameliafirda111@gmail.comE72219036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id2009087702
Subjects: Gereja
Kristen
Keywords: Musik gereja; fungsi musik; tujuan musik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: amelia firda isvani
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:31
Last Modified: 14 Jul 2023 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63363

Actions (login required)

View Item View Item