Analisis pengaruh penanaman modal dalam negeri (PMDN), penanaman modal asing (PMA), dan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur tahun 2016-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sunarti, Anis (2023) Analisis pengaruh penanaman modal dalam negeri (PMDN), penanaman modal asing (PMA), dan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur tahun 2016-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Sunarti_G71218030.pdf

Download (13MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan mengunakan analisis data panel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya secara simultan variabel PMDN, PMA, dan Tenaga Kerja berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2016-2020. Secara parsial variabel PMDN, dan PMA tidak berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2016-2020. Sedangakan untuk variabel Tenaga Kerja berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2016-2020. Diharapkan bagi pemerintah dengan melalui Kemenpora, Kemendikbud, dan kemenristek Dikti untuk mendorong pemuda untuk menempuh pendidikan kejuruan, mengikuti kegiatan pelatihan agar mempunyai kemampuan khusus yang dibutuhkan oleh industri dan dapat bersaing dengan tenaga kerja yang lain. PMDN dan PMA tidak berpengaruh terhadap Pertumbuhan ekonomi. Dalam hal ini diharapkan untuk pemerintah daerah agar meningkatkan iklim investasi Jawa Timur yang kondusif agar dapat menarik investor asing dan investor dalam negeri dengan cara mempermudah proses perizinan atau penyederhanaan aturan untuk kegiatan investasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sunarti, Anisanissunarti821@gmail.comG71218030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Hapsari Wijihapsari.wiji@uin.sby.ac.id2108038604
Subjects: Ekonomi
Keywords: Penanaman modal dalam negeri; penanaman modal asing; tenaga kerja; pertumbuhan ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Anis Sunarti
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:49
Last Modified: 13 Jul 2023 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63364

Actions (login required)

View Item View Item