Konstruksi sedekah dalam iklan Flip edisi Ramadhan: analisis semiotik model Ferdinad de Saussure

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadean, Abdillah Addin (2023) Konstruksi sedekah dalam iklan Flip edisi Ramadhan: analisis semiotik model Ferdinad de Saussure. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdillah Addin Nadean_B91219080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian berfokus pada bagaimana Signifier, Signified dan Significantion tentang konstruksi sedekah? dan bagaimana makna sedekah yang terkonstruksi dalam iklan flip edisi Ramadhan? Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis teks media dengan pendekatan analisis tekstual konstruktivistik sebagai langkah dalam menganalisis objek penelitian. Data akan dianalisis menggunakan analisis semiotik model Ferdinand de Saussure dengan tiga struktur tanda yaitu Signifier, signified dan significantion. Hasil analisis ini menemukan signifier, signified dan signification makna sedekah yang terkonstruksi berupa nilai ikhlas, tolong-menolong dan kebaikan. Bahwa konstruksi dari keseluhan pesan memiliki makna pesan moral untuk menyadarkan sedekah, yaitu. Pertama Parameter sesungguhnya dalam sedekah adalah nilai ikhlas. Kedua Sedekah adalah seluruh kebaikan sehingga perlu diberikan dan diterima dengan sikap (adab) baik dan semua kebaikan akan dibalas yang lebih baik. Ketiga Tolong-menolong dengan sedekah adalah bentuk kepedulian sosial dan anjuran agama. Karena fokus peneliti hanya pada konstruksi makna sedekah, maka peneliti merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya bisa mengambil dari sisi lain menggunakan analisis maupun fokus yang berbeda. Agar menghasilkan temuan penelitian yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadean, Abdillah Addinaddinnadean92@gmail.comB91219080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Alial_fadin@yahoo.co.id2002067101
Subjects: Iklan
Keywords: Sedekah; konstruksi; iklan; semiotik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Abdillah Addin Nadean
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:05
Last Modified: 13 Jul 2023 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63365

Actions (login required)

View Item View Item