Penguatan profil pelajar Pancasila melalui kegiatan keagamaan di Pondok Modern Al-Islam Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ubaidillah, Muhammad Hafidh (2023) Penguatan profil pelajar Pancasila melalui kegiatan keagamaan di Pondok Modern Al-Islam Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hafid Ubaidillah_D912192134.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penguatan beberapa dimensi Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan keagamaan di Pondok Modern Al-Islam Nganjuk. Adapun metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif sehingga menghasilkan data berupa narasi atau deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan kegiatan keagamaan di Pondok Modern Al-Islam serta perannya dalam menguatkan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan field research atau penelitian lapangan. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi lapangan, wawancara dengan beberapa pihak, analisis dokumen, dan dokumentasi. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan beberapa proses, yaitu kondensasi data, penyajian data, kemudian verifikasi atau penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Pondok Modern Al-Islam Nganjuk memiliki beragam kegiatan. Kegiatan ini terdiri dari kegiatan harian, mingguan, bulanan, kegiatan tiap semester, dan kegiatan tahunan. Beberapa kegiatan di antaranya merupakan kegiatan yang bersifat religi atau biasa disebut dengan kegiatan keagamaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan para santri, serta membiasakan para santri melaksanakannya. Kegiatan tersebut antara lain; salat fardu berjamaah, sorogan Al-Quran dan membaca Al-Quran, salat Duha berjamaah, pengajian kitab kuning, KBM atau proses pembelajaran dan takror (belajar), Muhadloroh, pramuka, Roan atau bersih-bersih, pembacaan tahlil, Maulid Barzanji, ziarah ke makam pendiri pondok, Berbagai macam perlombaan, PHBI (Peringatan Hari Besar Islam), Hiking, Wade Game, dan Perjalanan Suci. Kegiatan-kegiatan ini juga memiliki peran dalam memperkuat beberapa dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam diri para santri. Dimensi tersebut yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; dan bergotong-royong. Adapun elemen yang dikuatkan pada dimensi pertama yaitu akhlak beragama dan akhlak kepada alam, sedangkan elemen yang dikuatkan pada dimensi bergotong-royong adalah kolaborasi dan kepedulian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ubaidillah, Muhammad Hafidhhafidh.ubaidillah20@gmail.comD91219134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Thesis advisorFuad, Ah Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Subjects: Kepribadian
Pesantren
Pancasila
Keywords: Profil pelajar Pancasila; kegiatan keagamaan; Pondok Modern
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Hafidh Ubaidillah
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:42
Last Modified: 14 Jul 2023 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63368

Actions (login required)

View Item View Item