Efektivitas teknik muhasabah terhadap penurunan insecure pada pemuda di Kecamatan Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qorony, Uwais (2023) Efektivitas teknik muhasabah terhadap penurunan insecure pada pemuda di Kecamatan Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uwais Qorony_B03219056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konseli mengalami insecure karena rasa minder kepada temannya yang telah menjadi polisi hal ini membuat konseli menjadi takut dan cemas akan masa depannya yang menurutnya tidak akan bisa sukses. Dan juga menyebabkan konseli menjadi rendah diri. Konseli mengira bahwa dirinya tidak memiliki kelebihan. Pada saat wawancara ternyata konseli memiliki hobi yaitu di bidang komputer dan konseli merupakan mahasiswa di jurusan sistem komputer. Konseli tidak menyadari bahwa hobi tersebut bisa dikembangkan dan bisa menjadikan konseli menjadi sukses apabila konseli menekuni bidang tersebut. Kemudian, konseli berkomitmen melalui terapi muhasabah bahwa akan menekuni bidang tersebut dan akan berusaha lebih keras agar bisa menyamakan kedudukan atau bahkan melampaui teman polisinya. Pada penelitian ini analisis data mendapatkan hasil perubahan level yang mengalami penurunan yang signifikan dari pengambilan data awal hingga pengambilan data setelah intervensi mendapatkan hasil pada saat baseline 1 selisih 6 poin, intervensi selisih 7 poin dan baseline 2 selisih 18 poin. Selain itu pada analisis antar kondisi mendapatkan hasil 0% pada masing-masing kondisi. Dengan begitu peneliti menyimpulkan perilaku insecure mengalami penurunan dengan pemberian terapi Muhasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qorony, Uwaiscorony432@gmail.comB03219056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlbaar, Ragwanragwanalbaar@uinsby.ac.id2003036301
Subjects: Bimbingan Konseling
Dakwah > Dakwah - Psikoterapi
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Terapi muhasabah; insecure
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Uwais Qorony
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:46
Last Modified: 17 Jul 2023 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63391

Actions (login required)

View Item View Item