Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan menulis Aksara Jawa Legena pada siswa Kelas III MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayuningsih, Vina (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan menulis Aksara Jawa Legena pada siswa Kelas III MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vina Rahayuningsih_D97219111 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan menulis Aksara Jawa Legena siswa kelas III MI Ishlahul Ummah Pranti Sidoarjo. Hal ini disebabkan karena kegiatan belajar mengajar masih menggunakan metode ceramah. Sehingga menjadikan siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Jawa. Maka dari itu, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan menulis Aksara Jawa siswa serta menarik siswa kelas III pada pembelajaran Bahasa Jawa. Penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana keterampilan menulis Aksara Jawa Legena siswa kelas III MI Ishlahul Ummmah sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan menulis Aksara Jawa Legena siswa kelas III MI Ishlahul Ummah. Pada penelitian ini menggunakan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif desain, yang digunakan adalah jenis desain eksperimen dengan tipe One Group Pretest – Posttest design, yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Sebelum diberikan perlakuan, siswa diberikan pre-test untuk mengetahu kemampuan awal siswa. Setelah diberikan perlakuan, siswa diberikan post-test. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai rata-rata pretest sebesar 61,31, sedangkan nilai rata-rata Posttest sebesar 88,50, selisih dari nilai rata-rata menunjukkan terdapat peningkatan nilai setelah diberikan Treatment. 2) hasil uji-t menggunakan uji Paired Sample test yang menunjukkan adanya pengaruh yang baik dan signifikan, hal ini diperoleh Sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Yang berarti terdapat pengaruh pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap keterampilan menulis Aksara Jawa Legena siswa kelas III MI Ishlahul Ummah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayuningsih, Vinavinarhyn23@gmail.comD97219111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Model Numbered Heads Together (NHT); keterampilan menulis; aksara Jawa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Vina Rahayuningsih
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:20
Last Modified: 13 Jul 2023 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63393

Actions (login required)

View Item View Item