Analisis pengelolaan koin NU peduli dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat: studi kasus pada UPZIS NU Care-LAZISNU ranting Jamsaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri Tahun 2021-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fildzah, Shabrina Amalia (2023) Analisis pengelolaan koin NU peduli dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat: studi kasus pada UPZIS NU Care-LAZISNU ranting Jamsaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri Tahun 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shabrina Amalia Fildzah_G94218220.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pengelolaan Koin NU Peduli Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pada UPZIS NU Care-LAZISNU Ranting Jamsaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri Tahun 2021-2022)”. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana pengelolaan Koin NU Peduli yang dilakukan NU Care-LAZISNU Ranting Jamsaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri dan bagimana dampak program Koin NU Peduli dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dimana analisis datanya bersifat deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pengurus NU Care-LAZISNU Ranting Jamsaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri serta masyarakat Ranting Jamsaren yang menerima manfaat dari program Koin NU Peduli. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan Koin NU Peduli yang dijalankan oleh NU Care-LAZISNU Ranting Jamsaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri telah sesuai dengan fungsi pengelolaan yaitu perencanaan, pengoorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengumpulan, pentasyarufan atau pendistribusian serta pendayagunaan infaq dan mampu memperoleh Koin NU Peduli mulai dari Rp. 4.000.000 hingga Rp. 8.000.000 per bulan. Dari dana yang terkumpul tersebut, menghasilkan program pendidikan, kesehatan, sosial dan ekonomi. Berdasarkan indikator keluarga sejahtera BKKBN, program Koin NU Peduli dikatakan belum bisa sepenuhnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena program Koin NU Peduli ini hanya mampu membantu masyarakat meningkatkan kesejahteraanya dengan memenuhi kebutuhan dasar keluarga. Walaupun demikian, hadirnya program Koin NU Peduli tentunya berdampak dan membawa kemanfaatan bagi masyarakat Jamsaren. Untuk hasil yang lebih maksimal diharapkan NU Care-LAZISNU Ranting Jamsaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri dapat mengadakan sosialisasi kembali seperti sosialisasi dengan mendatangkan para ahli untuk menjelaskan mengenai program Koin NU Peduli dan mengajak para pemuda Nahdlatul Ulama untuk ikut serta dalam pengelolaan Koin NU Peduli ini agar lebih banyak rumah warga yang dapat dijangkau dengan semangat muda para pemuda NU. Kemudian bagi masyarakat, diharapkan dapat ikut serta dalam Program Koin NU Peduli ini agar dana yang didapatkan semakin banyak dan program-program dari pengelolaan Koin NU Peduli dapat menjangkau lebih banyak masyarakat dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Ranting Jamsaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fildzah, Shabrina Amaliashabrinaamalia99@gmail.comG94218220
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim.febi@gmail.com2004087004
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Kesejahteraan Sosial
Manajemen
Keywords: Pengelolaan; koin NU peduli; kesejahteraan masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Shabrina Amalia Fildzah
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:43
Last Modified: 17 Jul 2023 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63394

Actions (login required)

View Item View Item