Pengaruh media video tayangan Si Bolang terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MI Ishlahul Ummah Pranti Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adawiyah, Rubbiatul (2023) Pengaruh media video tayangan Si Bolang terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MI Ishlahul Ummah Pranti Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rubbiatul Adawiyah_D97219100 ok.pdf

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran kurang efektif. Pembelajaran yang dilakukan guru MI Ishlahul Ummah Pranti Sedati Sidoarjo masih melakukan pendekatan kepada siswa dengan metode ceramah serta berdiskusi kelompok sehingga siswa kurang memahami dan tidak tertarik dalam proses kegiatan pembelajaran. Permasalah tersebut dapat berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa sehingga dalam menulis karangan menghasilakn nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Oleh karena itu, melalui sebuah media video tayangan Si Bolang peneliti melakukan sebuah perbaikan khususnya materi menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia. Media video tayangan Si Bolang merupakan salah satu tayangan video anak-anak yang memliki alur cerita baik sehingga cocok digunakan sebagi media pembelajaran siswa SD/MI. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan mengetahui keterampilan menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV MI Ishlahul Ummah Pranti Sedati Sidoarjo sebelum dan sesudah menggunakan media tayangan video Si Bolang sehingga dapat diketahui pengaruh dari media tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Menggunakan metode eksperimen, dan desain penelitian ini adalah One Group Pretest – Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Sampel yang digunakan merupakan sampel jenuh karena mengambil dari seluruh kelas IV MI Ishlahul Ummah Pranti Sedati Sidoarjo yang berjumlah 23 siswa. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa pada pretest dengan rata-rata 66.87 Sedangkan nilai rata posttest 79,61 selisih nilai antara nilai pretest dan posttesy memiliki nilai rata-rata yang meningkat. 2) Hasil uji-t pada penelitian menunjukkan hasil Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang mana nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05, sehingga media video tayangan Si Bolang menunjukkan nilai signifikan berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis karangan pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV MI Ishlahul Ummah Pranti Sedati Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adawiyah, Rubbiatulrubbiatula@gmail.comD97219100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, JauharotiUNSPECIFIED2006067301
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Media video tayangan Si Bolang; keterampilan menulis karangan deskripsi; siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rubbiatul Adawiyah
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:50
Last Modified: 17 Jul 2023 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63395

Actions (login required)

View Item View Item