Analisis teori produksi dan penetapan harga perspektif al-Ghazali pada kegiatan home industri klepon di Desa Bulang Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Shofi Hikmatus (2023) Analisis teori produksi dan penetapan harga perspektif al-Ghazali pada kegiatan home industri klepon di Desa Bulang Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofi Hikmatus Zahro_G74219117.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Teori Produksi dan Penetapan Harga Perspektif Al-Ghazali pada Kegiatan Home Industri Klepon di Desa Bulang Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo” ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana eseproduksi, alur produksi dan penetapan harga perspektif Al-Ghazali. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif denga jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara secara langsung dengan informan, yang dalam penelitian ini yaitu, pemilik, karyawan dan konsumen pada home industry klepon Desa Bulang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum sepenuhnya sesuai dengan teori produksi Al-Ghazali, karena para produsen belum sepenuhnya menjaga kebersihan dalam proses produksi. Dan dalam penetapan harga, para produsen klepon menerapkan faktor permintaan dan penawaran, modal, prinsip ridha, prinsip keterbukaan dan prinsip kejujuran dalam menetapkan harga. Dalam pengambilan keuntungan, produsen klepon telah sesuai dengan persentase yang telah ditentukan oleh Al-Ghazali sebesar 5-10%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka disarankan kepada home industri klepon di Desa Bulang agar memiliki inovasi dalam pengolahan klepon agar lebih menarik minat konsumen, agar para produsen menambah peralatan dan perlengkapan produksi yang masih kurang, memperbaiki proses produksi dan mengimplementasikan prinsip-prinsip menurut Al-Ghazali dengan komprehensi agar selain produknya halal juga baik (tayyib) atau higienis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Shofi Hikmatusshofshof21@gmail.comG74219117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasadah, Masadahadahmas@yahoo.co.id2105127801
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Wirausaha
Keywords: Produksi; alur produksi; penetapan harga perspektif al-Ghazal
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: shofi zahro
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:39
Last Modified: 18 Jul 2023 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63396

Actions (login required)

View Item View Item