Studi kandungan logam berat timbal (Pb) dan kadmium (Cd) pada kerang darah (Anadara granosa) di perairan tambak di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Andika Keessa (2022) Studi kandungan logam berat timbal (Pb) dan kadmium (Cd) pada kerang darah (Anadara granosa) di perairan tambak di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andika Keessa Saputra_H94218035.pdf

Download (31MB)

Abstract

Kabupaten Sidoarjo sebagai salah satu penyangga Ibukota Propinsi Jawa Timur merupakan daerah yang mengalami perkembangan pesat. Namun, Dengan semakin meningkatnya perkembangan industri, baik industri migas, pertanian, maupun industri non migas lainnya, maka semakin meningkat pula tingkat pencemaran lingkungan yang meliputi perairan, udara dan tanah yang disebabkan oleh hasil buangan industri-industri tersebut. Logam berat merupakan salah satu kandungan dalam limbah domestik maupun limbah industri yang dapat berpengaruh terhadap penurunan kualitas air sungai dan dapat menyebabkan efek negatif bagi manusia maupun bagi lingkungan jika terkontaminasi logam tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan Logam Berat Timbal (Pb) dan Kadmium (Cd) pada Air, Sedimen, dan daging kerang darah, untuk Mengetahui batas maksimum konsumsi logam berat timbal (Pb) dan kadmium (Cd) pada daging kerang darah, hubungan parameter perairan dengan kandungan logam berat timbal (Pb) dan kadmium (Cd). Metode pengambilan sampel pada penelitian menggunakkan random sampling. Pengujian logam berat Pb dan Cd menggunakkan Atomic Absorpstion Spectrofotometry (AAS). Kandungan logam berat Pb dan Cd pada air, sedimen, biota kerang darah telah melampui batas aman yang ditetapkan. Analisis korelasi pearson, tidak adanya hubungan yang signifikan antara air dan sedimen dengan biota kerang darah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Andika Keessaandikakeessa@gmail.comH94218035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id2024088903
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Logam berat; A. granosa; AAS; korelasi pearson
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Andika Keessa Saputra
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:01
Last Modified: 17 Jul 2023 06:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63397

Actions (login required)

View Item View Item