Pengaruh kombinasi ekstrak temulawak (curcuma xanthorrhiza), temu hitam (curcuma aeruginosa) dan jintan hitam (nigella sativa) terhadap histopatologi hati mencit yang diinduksi parasetamol dosis toksik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fallahian, Fiqih (2023) Pengaruh kombinasi ekstrak temulawak (curcuma xanthorrhiza), temu hitam (curcuma aeruginosa) dan jintan hitam (nigella sativa) terhadap histopatologi hati mencit yang diinduksi parasetamol dosis toksik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fiqih Fallahian_H91219045.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hepar memiliki peran dalam detoksifikasi dan metabolisme tubuh. Pengobatan alternatif dari tanaman herbal seperti temulawak, temu hitam dan jintan hitam berpotensi sebagai hepatoprotektor karena adanya kandungan senyawa antioksidan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas hepatoprotektor dari kombinasi ekstrak temulawak, temu hitam dan jintan hitam terhadap histopatologi dan berat relatif organ hepar mencit yang diinduksi parasetamol. Penelitian ini menggunakan mencit sebanyak 24 ekor yang terdiri dari 6 kelompok, yaitu K+ (normal), K- (parasetamol), P1 (parasetamol+kombinasi 1:1:1), P2 (parasetamol+kombinasi 2:1:3), P3 (parasetamol+kombinasi 3:2:1), P4 (parasetamol+kombinasi 1:3:2). Kombinasi yang dimaksut secara berurutan ialah ekstrak temulawak, temu hitam dan jintan hitam dengan dosis 600 mg/kgBB. Induksi parasetamol dosis toksik 1 gr/kgBB diberikan oral selama 7 hari, lalu diberi induksi kombinasi ekstrak selama 7 hari berikutnya. Uji One-Way ANOVA memperoleh hasil p=0,00 (p<0,05). Hasil signifikansi uji Duncan mengindikasikan bahwa seluruh kelompok perlakuan dapat menurunkan Indeks Hepatosomatik (HSI) setelah terpapar parasetamol dosis toksik. Dosis efektif ditunjukkan pada kelompok perlakuan P1 (1:1:1) dalam mengurangi kerusakan histopatologi mencit akibat paparan parasetamol dosis toksik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fallahian, Fiqihfiqihfallahian.ff@gmail.comH91219045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTyastirin, Estiesty@uinsby.ac.id2024068702
Thesis advisorHadi, Mochammad Irfanm_i_h@uinsby.ac.id0824048601
Subjects: Kebudayaan
Kesehatan
Kesehatan

Pembaruan
Keywords: Berat relatif organ hepar; hepatoprotektor; histopatologi hepar; kombinasi ekstrak
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Fiqih Fallahian
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:20
Last Modified: 10 Aug 2023 04:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63416

Actions (login required)

View Item View Item