Joyfull learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah: studi kasus di SMP Integral Luqman Hakim dan SMP Islam terpadu al-Hidayah Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Fiena Saadatul (2022) Joyfull learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah: studi kasus di SMP Integral Luqman Hakim dan SMP Islam terpadu al-Hidayah Kabupaten Sumenep. PhD thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fiena Saadatul Ummah_F03118025.pdf

Download (13MB)

Abstract

Joyfull learning merupakan suatu sistem proses pembelajaran secara menyenangkan. Joyfull learning menyajikan cara belajar yang asyik, dimana peserta didik diajak belajar sambil bermain, artinya proses pembelajaran dikemas dalam situasi menyenangkan, baik dilaksanakan di dalam kelas maupun di alam sekitar. Pembelajaran yang menyenangkan diharapkan mampu menciptakan daya minat, kreativitas dari siswa secara sempurna, sehingga menumbuhkan proses pembelajaran yang baik. Ada tiga pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu: aktivitas Joyfull Learning dalam pembelajaran PAI di SMP Integral Luqman Hakim dan SMP Islam Terpadu Al-Hidayah Kabupaten Sumenep, respon siswa terhadap aktivitas Joyfull Learning dalam pembelajaran PAI, dan dampak aktivitas Joyfull Learning dalam pembelajaran PAI di SMP Integral Luqman Hakim dan SMP Islam Terpadu Al-Hidayah Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data ditempuh melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas joyfull learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah meliputi beberapa indicator yakni terciptanya proses integrasi pendidikan agama dan umum, terbentuknya aktivitas nalar dan dialog, terciptanya proses berpikir bersama, tumbuhnya suasana hati yang menyenangkan, terciptanya motivasi dan keinginan yang keras untuk belajar, terciptanya aktivitas bermain sambil belajar, terciptanya lingkungan pembelajaran yang kondusif, aktivitas menganalisis masalah, dan terciptanya aktivitas presentasi. Respon siswa terhadap aktivitas joyfull learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah yaitu memberikan tanggapan positif dan antusias yang meliputi senang melaksanakan aktivitas diskusi, semangat menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan topik pembelajaran PAI, senang dan antusias berlomba-lomba mencari jawaban dari suatu pertanyaan yang berupa teka-teki, serta senang mengkaji suatu topik dan dihubungkan dengan cerita dalam kehidupan siswa sehari-hari. Dampak penerapan joyfull learning mempengaruhi pada aspek kognitif, afektif, psikomotorik dan pendidikan karakter.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Fiena Saadatulfienasaadatulummah92@gmail.comF03118025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDawiyatun, Dawiyatunbintuassyatthie@gmail.com9920113440
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Pembelajaran PAI; model pembelajaran; joyfull learning
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fiena Saadatul Ummah
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:54
Last Modified: 17 Jul 2023 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63417

Actions (login required)

View Item View Item