Kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanan, Habibatul (2023) Kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Habibatul Hanan_D03219009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul kepmimpinan visioner kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di madrasah aliyah negeri 2 ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai peran kepemimpinan visioner kepala madrasah dan peningkatan mutu pembelajaran di madrasah aliyah negeri 2 ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskripif. Data yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informan yang terdiri dari Kepala madrasah, waka kurikulum dan waka humas madrasah aliyah negeri 2 ponorogo. Hasil penelitian ini menunjukkan ada tiga point terpenting dalam kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam meningkatkan manajemen mutu pembelajaran di MAN 2 Ponorogo yaitu: perencanaan dalam proses mutu pembelajaran, pelaksanaan mutu pembelajaran, evaluasi mutu pembelajaran. Dalam perannya kepala madrasah mengaplikasikan mutu sesuai dengan keadaan madrasah sebelumnya yaitu dengan kondisi yang lebih baik. Kepala madrasah dengan model kepemimpinan visioner melakukan perannya dalam meningkatkan manajemen mutu pembelajaran. Dalam beberapa tahun madrasah terus mengalami peningkatan. Hal itu terlihat dari minat siswa semakin bertambah dan prestasi siswa yang semakin meningkat. Dalam proses mutu pembelajaran kepala madrasah selalu memantau dan mendorong agar potensi guru dalam mengajar selalu berkembang dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanan, Habibatulhananputri85@gmail.comD03219009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRifa'i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Kepemimpinan visioner kepala madrasah; mutu pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Habibatul Hanan
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:15
Last Modified: 17 Jul 2023 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63421

Actions (login required)

View Item View Item