Strategi kepala pondok pesantren dalam membentuk karakter kepemimpinan santriwati melalui organisasi santri di pondok putri pesantren Tebuireng

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiyani, Reni (2023) Strategi kepala pondok pesantren dalam membentuk karakter kepemimpinan santriwati melalui organisasi santri di pondok putri pesantren Tebuireng. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reni Ardiyani_D03219027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Kepala Pondok dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Santriwati melalui Organisasi Santri di Pondok Putri Pesantren Tebuireng. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai strategi perencanaan kepala pondok dalam membentuk karakter kepemimpinan santriwati melalui organisasi santri di pondok putri pesantren Tebuireng, strategi pelaksanaan kepala pondok dalam membentuk karakter kepemimpinan santriwati melalui organisasi santri di pondok putri pesantren Tebuireng, strategi evaluasi kepala pondok dalam membentuk karakter kepemimpinan santriwati melalui organisasi santri di pondok putri pesantren Tebuireng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di lapangan yang pertama yaitu strategi perencanaan kepala pondok dalam membentuk karakter kepemimpinan melalui organisasi santri di lakukan setiap awal tahun. Tahap-tahap perencaan yang ada adalah menetapkan visi misi, mengaanalisis keadaan, menetapkan alternatif tujuan rencana, perencana memilih tujuan. Yang kedua, strategi pelaksanaan kepala pondok dalam membentuk karakter kepemimpinan melalui organisasi santri dintegrasikan melalui pengarahan, pelatihan, penugasan, pembiasaan, pengawalan, peneladanan dan pendekatan. Ketiga, strategi evaluasi kepala pondok dalam membentuk karakter kepemimpinan melalui organisasi santri dilakukan setiap dua bulan sekali dan evaluasi keseluruhan dilakukan satu tahun sekali. Faktor pendukungnya lingkungan yang sehat untuk pembelajaran kepemimpinan, kendala selama proses pembentukan karakter kepemimpinan yaitu perbedaan kultur dan latar belakang yang dimiliki oleh pengurus OSPI yang konsekuensinya membuat para pengurus terkadang menunda kegiatan yang dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiyani, Renireniardiyani882@gmail.comD03219027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorRifa'i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Strategi kepala pondok; pembentukan karakter kepemimpinan santriwati; organisasi santri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Reni Ardiyani
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:27
Last Modified: 17 Jul 2023 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63422

Actions (login required)

View Item View Item