Program tahfidz al-Qur'an di Madrasah Aliyah: studi multi situs di Madrasah Aliyah Sunan Giri Surabaya dan Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Anshar (2022) Program tahfidz al-Qur'an di Madrasah Aliyah: studi multi situs di Madrasah Aliyah Sunan Giri Surabaya dan Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Anshar_F52319318.pdf

Download (3MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Allah menjaga keaslian Al-Qur’an salah satunya dengan banyaknya penghafal Al-Qur’an. Pendidikan tahfidz Al-Qur’an telah berjalan lama sejak zaman Rasulullah hingga akhir zaman. Kini banyak lembaga pendidikan yang menjalankan program tahfidz Al-Qur’an. Tujuan menghafal Al-Qur’an ialah sebagai membimbing penghafalnya untuk hidup berlandaskan Al-Qur’an. Salah satu lembaga pendidikan yang mengadakan program tahfidz ialah di Madrasah Aliyah Sunan Giri Surabaya dan Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan. Pendidikan tahfidz Al-Qur’an memiliki target yang harus dicapai, maksimal bias menghafalkan 30 juz. Dalam tesis ini dibahas mengenai perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan mengetahui factor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program di Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah tekhnik Miles dan Huberman dengan tiga alur kegiatan; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang dipakai ialah trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa program tahfidz di Madrasah Aliyah Sunan Giri Surabaya dan Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan terdiri dalam beberapa tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan factor penghambat. Dalam tahap perencanaan, baik di MA Sunan Giri dan MAN Bangkalan telah menentukan tujuan tahfidz yaitu untuk menciptakan masyarakat Qur’ani yang berkhlakul karimah, Sasaran program tahfidz di MA Sunan Giri ialah kepada seluruh siswa yang ditarget 6 juz hafalan bagi siswa yang berdomisili di Pesantren dan 2 juz bagi siswa dari luar pesantren. Sedangkan di MAN Bangkalan, program tahfidz dilaksanakan bagi siswa khusus yang berjumlah 30 dan diasramakan di Ma’had Ihyaudidin MAN Bangkalan. Guru tahfidz di dua sekolah tersebut telah memenuhi profesionalisme guru dengan penguasan hafalan 30 juz. Metode yang digunakan ialah metode kitabah, wahdah, jama, sima’ dan murojaah. Terkhusus di MAN Bangkalan dipergunakan juga metode mudarosah. Evaluasi yang dilaksanakan di kedua lembaga tersebut ialah evaluasi berkesinambunngan yang dilaksanakan setiap hari, mingguan, bulanan, semesteran, tahunan dan pra kelulusan. Adapun factor pendukung dan factor penghambat pelaksanaan program tahfidz ialah dilihat dari factor guru, siswa dan lingkungan. Guru harus bisa mengatur dan memotivasi siswa untuk konsisten dalam menghafalkan Al-Qur’an. Siswa memiliki kendala dari dalam dirinya seperti rasa malas, kurang motivasi dan dari faktor eksternal seperti kegiatan yang terlalu padat. Factor lingkungan dibutuhkan bagi siswa tahfidz untuk bisa focus dalam menghafkan Al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, Ansharmasanshar12@gmail.comF52319318
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Thesis advisorHisbullah, Hudahibullahhuda@uinsby.ac.id2007017001
Subjects: Pendidikan Islam
Al Qur'an
Keywords: Program tahfidz al-Qur'an; Madrasah Aliyah Sunan Giri Surabaya; Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Anshar
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:02
Last Modified: 17 Jul 2023 08:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63434

Actions (login required)

View Item View Item