Peran tata usaha dalam menunjang keefektifan administrasi umum di sma negeri 1 Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyanindi, Hani Meida (2023) Peran tata usaha dalam menunjang keefektifan administrasi umum di sma negeri 1 Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
HANI MEIDA CAHYANINDI_D93219078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran tata usaha dalam pengelolaan administrasi menjadi topik yang cukup sering untuk dibahas selain karena diluar memang tugas dan fungsi tenaga tata usaha untuk melaksanakan administrasi. Lembaga instansi pendidikan juga perlu memberikan dukungan dan support untuk terlaksananya tertib administrasi guna menunjang keefektifan kegiatan administrasi di lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) peran tata usaha di SMAN 1 Driyorejo Gresik, (2) pelayanan administrasi umum di SMAN 1 Driyorejo Gresik, dan (3) peran tata usaha dalam menunjang keefektifan administrasi umum di SMAN 1 Driyorejo Gresik. Dengan mengunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis dan interpretasi serta menggunakan triangulasi data dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran tata usaha dalam sistem administrasi yang memadai dan lancar, maka perkembangan lembaga pendidikan juga turut maju dan mampu berkembang menjadi lembaga pendidikan yang unggul. Di SMAN 1 Driyorejo Gresik terdapat administrasi kepegawaian, administrasi kesiswaan, administrasi persuratan, administrasi dapodik, administrasi sarana prasarana, dan perpustakaan. Dengan adanya efektifitas administrasi, maka diperkirakan akan meningkatkan sistem administrasi sejalan dengan peningkatan spesialisasi dalam administrasi maka efisiensi administrasi akan meningkat apabila tujuan, proses, pegawai, dan sarana prasarana. Dalam menunjang keefektifan administrasi umum, tata usaha sangat berperan aktif. Berikut analisis tentang peran tata usaha dalam menunjang keefektifan administrasi umum di SMAN 1 Driyorejo Gresik: (1) Peran sebagai komunikator yang aktif, baik, dan solutif, (2) Peran sebagai edukator, dan (3) Peran sebagai evaluator administrasi di SMAN 1 Driyorejo Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyanindi, Hani Meidahanimeida44@gmail.comD93219078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Administrasi
Administrasi > Administrasi Umum
Manajemen Pendidikan
Manajemen Perkantoran
Sumber Daya Manusia
Keywords: Tata usaha sekolah; administrasi pendidikan; peran tata usaha
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hani Meida Cahyanindi
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:09
Last Modified: 17 Jul 2023 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63458

Actions (login required)

View Item View Item