Pemodelan angka harapan hidup di Indonesia menggunakan regresi semiparametrik spline

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sunariadi, Noviati Maharani (2023) Pemodelan angka harapan hidup di Indonesia menggunakan regresi semiparametrik spline. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Noviati Maharani Sunariadi_H02219017.pdf

Download (28MB)

Abstract

Perkembangan sosial ekonomi di Indonesia menurut Bank Indonesia meningkat, akan tetapi untuk kesehatan sebagai penunjang perkembangan ekonomi menurun akibat banyaknya kematian, kematian ini disebabkan oleh beberapa penyakit pada masyarakat. Oleh karena itu untuk tetap meningkatkan sosial ekonomi perlu dilakukan analisis dengan melihat Angka Harapan Hidup(AHH) karena AHH berperan sebagai indikator perkembangan sosial ekonomi suatu negara serta AHH memiliki indikator penunjangnya seperti faktor sosial, kesehatan, ekonomi dan lain sebagainya. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui model AHH di Indonesia dengan menggunakan regresi semiparametrik spline. Variabel Y yang digunakan adalah AHH dan 6 variabel yakni IPM (x1), persentase penduduk miskin (t1), persentase rumah tangga yang menggunakan air bersih (t2), persentase penduduk yang mempunyai keluhan kesehatan (t3), persentase balita yang telah melakukan imunisasi (t4), dan persentase rata – rata lama sekolah (t5) pada tahun 2021. Dari variabel tersebut akan dilakukan perhitungan dengan menggunakan metode regresi semiparametrik spline dengan nilai koefisien determinasi sebesar 79,54%. Kemudian berdasarkan model pada persamaan (4.2) didapatkan nilai y topi dengan akurasi MAPE sebesar 11,4%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sunariadi, Noviati Maharaninoviati.ms28@gmail.comH02219017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Thesis advisorIntan, Putroue Keumalaputroue@uinsby.ac.id0728058802
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Matematika
Statistik
Keywords: Angka harapan hidup; pemodelan; semiparametrik spline
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Noviati Maharani Sunariadi
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:41
Last Modified: 18 Jul 2023 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63461

Actions (login required)

View Item View Item