Inovasi pendidikan pondok transit di pondok pesantren Nurul Islam Karangcempaka Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maziyah, Elok (2023) Inovasi pendidikan pondok transit di pondok pesantren Nurul Islam Karangcempaka Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Elok Maziyah_D93219073.pdf

Download (2MB)

Abstract

Para orang tua di sumenep memiliki antusias yang cukup tinggi dalam mengikut sertakan anak-anaknya untuk belajar di Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Nurul Islam sebagai upaya memberikan pendidikan keagamaan kepada anak di era perkembangan teknologi agar dapat menanamkan keimanan kepada anak, akan tetapi antusias para orang tua, khususnya orang tua yang anaknya juga bersekolah di Lembaga pendidikan formal Nurul Islam merasa terkendala oleh jarak, waktu dan juga kesibukan yang dimiliki untuk mengantar jemput anak ke lokasi pondok pesantren Nurul Islam berulang kali dalam sehari, sehingga dibuatlah inovasi pendidikan bernama pondok transit yang bertujuan menjawab persoalan yang dialami para orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bentuk inovasi pendidikan pondok transit di Pondok Pesantren Nurul Islam Karangcempaka Sumenep, (2) implementasi inovasi pendidikan pondok transit di Pondok Pesantren Nurul Islam Karangcempaka Sumenep, dan (3) efektifitas inovasi pendidikan pondok transit di Pondok Pesantren Nurul Islam Karangcempaka Sumenep. Dengan mengunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis dan interpretasi serta menggunakan triangulasi data dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk inovasi pendidikan pondok transit di PP. Nurul Islam Karangcempaka Sumenep yaitu sebuah tempat singgah yang berada di lingkungan pesantren, khusus bagi anak yang bersekolah di TK atau MI Nurul Islam, yang juga mengikuti LPQ di Nurul islam pada sore hari untuk meringankan beban antar jemput orang tua. pelaksanaan rangkaian kegiatan pondok transit yang dibimbing langsung oleh para pembimbing atau ustadzah pondok transit di setiap kegiatan pondok transit. Efektifitas pondok transit berdasarkan ukuran efektifitas menurut ketua yayasan, pembimbing dan wali santri pondok transit sudah mencapai harapan dan tujuan. Berbeda dengan pdanangan ketua pelaksana pondok transit yang menyatakan ukuran efektifitas pondok transit belum mencapai harapan dan tujuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maziyah, Elokelokmaziyah@gmail.comD93219073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pesantren
Keywords: Inovasi; inovasi pendidikan; inovasi pendidikan pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Elok Maziyah
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:01
Last Modified: 21 Jul 2023 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63465

Available Versions of this Item

  • Inovasi pendidikan pondok transit di pondok pesantren Nurul Islam Karangcempaka Sumenep. (deposited 21 Jul 2023 03:01) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item