Efektivitas metode pembelajaran role playing dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smp negeri 1 Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haryono, Muhammad Aranda (2023) Efektivitas metode pembelajaran role playing dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smp negeri 1 Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Aranda Haryono_D91219131.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektiviatas metode pembelajaran role playing dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo. Permasalahan yang dikaji oleh peneliti: 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran role playing pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo? 2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik kelas IX pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo? 3) Bagaimana efektivitas metode pembelajaran role playing dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IX pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo? Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis eksperimen dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo tahun ajaran 2022/2023. Jumlah populasinya yakni 322 peserta didik dari 10 kelas. Kemudian peneliti menggunakan simple random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasilnya yang menjadi kelas eksperimen yakni kelas IX-G yang terdiri dari 35 peserta didik. Sedangkan yang menjadi kelas kontrol yakni kelas IX-J yang terdiri dari 31 peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket (skala likert). Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis Mann-Whitney. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah penerapan metode role playing 2) Motivasi belajar peserta didik kelas IX pada kelas eksperimen (IX-G) mendapatkan skor sebesar 84,14%, dimana skor pada interval 81%-100% tergolong sangat baik. Sedangkan data angket pada kelas kontrol (IX-J) mendapatkan skor sebesar 82,78%. dimana skor pada interval 81%-100% tergolong sangat baik. 2) Penerapan metode role playing tidak efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Krian Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haryono, Muhammad Arandaarandahary@gmail.comD91219131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyudi, MuhammadUNSPECIFIED2001045703
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Metode
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Efektivitas; metode role playing; motivasi belajar; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muhammad haryono
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:13
Last Modified: 18 Jul 2023 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63469

Actions (login required)

View Item View Item