Nilai-nilai dakwah dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atoillah, Saifi (2023) Nilai-nilai dakwah dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saifi Atoillah_B91219126 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai dakwah dan bagaimana makna struktur mikro nilai dakwah yang terkandung dalam novel Kembara Rindu. Untuk meneliti permasalahan itu, peneliti menjabarkan nilai-nilai dakwah yang terkandung dan menggunakan anlisis wacana Teun A. Van dijk semantik dan sintaksis untuk mengetahui makna nilai dakwah. Hasil dari penelitian ini menemukan nilai-nilai dakwah yang terkandung didalam novel ini yaitu nilai kesabaran dalam menghadapi masalah ekonomi,nilai amanah menghidupkan agama,nilai kedisiplinan waktu,nilai kesopanan terhadap kyai,dan nilai kejujuran mengembalikan barang temuan serta Makna nilai dakwah struktur mikro mengembara ke tempat yang jauh untuk mencari ilmu demi menghidupkan agama di kampung halaman. Diharapkan anak-anak muda banyak mengarang novel-novel yang dibumbui ajaran-ajaran islam didalamnya.Berdakwah menggunakan novel menjadi media yang tidak terlalu berat untuk mempresentasikan nilai-nilai dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atoillah, Saifisaifiatoillah149@gmail.comB91219126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihananto-196812301993031003
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Puisi
Sastra
Keywords: Nilai; media; dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Saifi Atoillah
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:34
Last Modified: 17 Jul 2023 08:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63471

Actions (login required)

View Item View Item