Analisis faktor-faktor pendorong mahasiswa berwirausaha dalam perspektif Islam: studi pada mahasiswa di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Makkiyah, Avisatul (2023) Analisis faktor-faktor pendorong mahasiswa berwirausaha dalam perspektif Islam: studi pada mahasiswa di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Avisatul Makkiyah_G04219011 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tingkat pengangguran terdidik di Indonesia masih tergolong tinggi, dan salah satu cara untuk mengatasinya yakni dengan wirausaha, oleh karena itu para mahasiswa diharapkan dapat menjadi wirausahawan muda terdidik yang mampu merintis usahanya sendiri. Seperti yang terjadi pada mahasiswa Surabaya, tidak sedikit yang telah memiliki pekerjaan sampingan sebagai wirausahawan. Dari fenomena tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa sedang mempersiapkan diri untuk terhindar dari pengangguran terdidik. Berwirausaha juga diajarkan dalam Islam. Bahkan wirausaha telah dicontohkan langsung oleh baginda Nabi Muhammad SAW. Rasulullah pun tidak henti-hentinya menganjurkan umatnya untuk mencari kesuksesan dengan berdagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendorong mahasiswa berwirausaha dalam perspektif Islam pada mahasiswa Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, yang kemudian hasil datanya dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor pendorong mahasiswa Surabaya yang utama dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu faktor personal, sociological, dan environmental, yang mana ketiga faktor pendorong ini jika ditinjau berdasarkan perspektif Islam maka terdapat motivasi seperti keinginan untuk mengejar peluang sebagai fokus inti kewirausahaan, praktik etika yang dipandu oleh seperangkat norma, nilai, dan rekomendasi karena Islam menganggap kegiatan bisnis sebagai bagian "perbuatan baik", serta tindakan religius-spiritual yang menghubungkan manusia dengan Tuhan. Ketiga faktor pendorong tersebut juga sejalan dengan ayat Al-Qur’an dan Hadits. Yang mana faktor personal sejalan dengan QS. At-Taubah (9): 105. Faktor sociological sejalan dengan Hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni tentang bermanfaat untuk orang lain. Dan faktor environmental sejalan dengan QS. Luqman (31): 20. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa faktor-faktor pendorong berwirausaha yang paling banyak dialami oleh mahasiswa Surabaya yakni yang pertama faktor personal, kedua faktor sociological, dan terakhir faktor environmental. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak akademik agar dapat meningkatkan jiwa dan kemampuan kewirausahaan mahasiswa, serta dapat menemukan solusi yang dihadapi mahasiswa dalam dunia kewirausahaan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian selanjutnya dengan menemukan faktor-faktor lain diluar penelitian ini dan pembahasannya lebih luas lagi terhadap faktor yang mendorong mahasiswa berwirausaha dalam perspektif Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Makkiyah, Avisatulavisatulmakkiyah29@gmail.comG04219011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWicaksono, Rianto Anugerahriantoanugerah@uinsby.ac.id198508222019031011
Subjects: Ekonomi Islam
Pendidikan Islam
Wirausaha
Keywords: Faktor pendorong; mahasiswa berwirausaha; perspektif Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Avisatul Makkiyah
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:10
Last Modified: 18 Jul 2023 03:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63482

Actions (login required)

View Item View Item