Efektivitas penerapan Cooperative Learning dengan Media Cardsort untuk Meningkatkan Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakti, Tri Wasesa Aulia (2023) Efektivitas penerapan Cooperative Learning dengan Media Cardsort untuk Meningkatkan Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Wasesa Aulia Sakti_D91219154 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Cooperative learning dengan media cardsort yang berdasar pada teori belajar kosntruktivisme dan teori psikologi sosial memberikan peserta didik ruang yang lebih besar untuk mendapat informasi serta mengembangkan potensi diri secara maksimal. Metode ini dianggap sesuai diterapkan untuk meningkatkan multiple intelligences, teori kecerdasan majemuk yang digagas oleh Howard Gardner, Profesor Psikologi Harvard University bahwa kecerdasan manusia terdiri atas sembilan ragam kecerdasan sebagai modalitas belajarnya masing-masing. Penelitian tentang efektivitas penerapan cooperative learning dengan media cardsort untuk meningkatkan multiple intelligences dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gedangan karena sekolah ini merupakan sekolah yang majemuk dengan berbagai latar belakang dan gaya belajar peserta didiknya, sehingga dapat diasumsikan kemajemukan tersebut tepat untuk riset yang mengkaji kecerdasan majemuk peserta didik. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas penerapan metode pembelajaran cooperative learning berbantuan media cardsort untuk meningkatkan multiple intelligences (kecerdasan majemuk) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMA Negeri 1 Gedangan. Penelitian ini dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling yakni peneliti mengambil sampel secara acak sehingga setiap elemen populasi memiliki probabilitas yang sama dan adil. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berpendakatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu control posttest and pretest design. Data dikumpulkan dengan kuesioner skala likert 1-4, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) Penerapan cooperative learning dengan media cardsort pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMA Negeri 1 Gedangan termasuk pada kategori sangat baik dengan presentase 88,88%, 2) Multiple Intelligences peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMA Negeri 1 Gedangan memiliki perbedaan antara kelas kontrol X-3 dengan presentase 69,99% dan kelas eksperimen dengan presentase 85,48%, 3) Penerapan cooperative learning dengan media cardsort efektif untuk meningkatkan multiple intelligences dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMA Negeri 1 Gedangan berdasarkan hasil uji signifikansi Mann Whitney yaitu nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 dengan taraf siginifikansi (α) 0,05. Maka nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 lebih kecil dari α. Hasil tersebut berarti H0 ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakti, Tri Wasesa Auliad91219154@student.uinsby.ac.idD91219154
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Kecerdasan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Efektivitas; Cooperative Learning; Multiple Intelligences; Pendidikan Agama Islam.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tri Wasesa Aulia Sakti
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:32
Last Modified: 18 Jul 2023 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63490

Actions (login required)

View Item View Item