Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video pembelajaran terhadap kemampuan literasi matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khairunnisa, Amelia (2023) Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video pembelajaran terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amelia Khairunnisa_D04219003.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video pembelajaran. Selain itu, untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi matematika siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 5 Trenggalek. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VII-B MTs Negeri 5 Trenggalek yang terdiri dari 25 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes tulis berupa lembar tes kemampuan literasi matematika. Lembar tes kemampuan literasi matematika terdiri dari pretest dan posttest. Data hasil pretest dan posttest kemampuan literasi matematika terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Shapiro-Wilk kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik parametrik yaitu Uji-t. Selain itu menentukan nilai rata-rata, median, dan modus berdasarkan data yang diperoleh. Selanjutnya dilakukan pengkategorian pada data hasil pretest dan posttest kemampuan literasi matematika untuk menentukan kategori dari masing-masing data. Hasil penelitian yang diuji menggunakan uji statistik parametrik berupa uji-t pada hasil pretest dan posttest kemampuan literasi matematika menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan literasi matematika sebelum diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video pembelajaran termasuk dalam kategori rendah berdasarkan hasil pretest kemampuan literasi matematika dengan rata-rata 23,76, median 20, dan modus 15. (2) Kemampuan literasi matematika setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video pembelajaran termasuk dalam kategori sedang berdasarkan hasil posttest kemampuan literasi matematika dengan rata-rata 53,28, median 55, dan modus 64. (3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video pembelajaran terhadap kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan hasil uji statistika yang menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti H_0 ditolak dan H_1 diterima. Hal tersebut mengartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi matematika siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video pembelajaran serta ditunjukkan dengan peningkatan hasil pretest dan posttest kemampuan literasi matematika oleh seluruh siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematika siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khairunnisa, Amelianisaamelia894@gmail.comD04219003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Problem Based Learning; video pembelajaran; kemampuan literasi matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: amelia khairunnisa
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:09
Last Modified: 18 Jul 2023 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63492

Actions (login required)

View Item View Item