Pengaruh kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran terhadap minat belajar anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muyassaroh, Hikmatul (2023) Pengaruh kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran terhadap minat belajar anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hikmatul Muyassaroh_D09219012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar anak yang belum berkembang secara optimal. Minat belajar memainkan peran utama dalam menentukan keberhasilan suatu program pendidikan. Untuk itu dibutuhkannya kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran untuk bisa meningkatkan minat belajar anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengobservasi desain pembelajaran yang dibuat oleh guru, untuk mengukur minat belajar anak dan untuk menganalisis pengaruh kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran terhadap minat belajar anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian menggunakan metode ex post facto. Penelitian ex post facto adalah penelitian yang mencari adanya hubungan sebab-akibat dari peristiwa yang sudah terjadi, dan melihat ke belakang untuk menggali faktor-faktor yang dapat mengakibatkan kejadian tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dari kelompok B yang ada di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran yang dibuat oleh guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya memperoleh nilai akhir persentase sebesar 84,5% dengan kategori baik. Sedangkan minat belajar anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya memperoleh nilai akhir persentase sebesar 77,34% dengan kategori cukup baik. Adapun nilai signifikansi sebesar 0,970 > 0,05 menunjukkan bahwa kreativitas guru tidak berpengaruh terhadap minat belajar anak. Dibuktikan pula dengan mengetahui apakah hubungan itu signifikan atau tidak, maka t_{hitung} dibandingkan dengan t_{tabel}. Dari hasil perhitungan dengan bantuan program SPSS 29 for windows diperoleh nilai t hitung (0,041) < nilai t tabel (3,182). Sedangkan hasil dari perhitungan secara manual diperoleh nilai t hitung (0,270) < nilai t tabel (2,055), maka dapat dinyatakan bahwa uji hipotesis H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian, tidak ada pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran terhadap minat belajar anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muyassaroh, Hikmatulmuyas0572@gmail.comD09219012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@gmail.com2029087203
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Kreativitas guru; pembelajaran; minat belajar; anak TK
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hikmatul Muyassaroh
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:47
Last Modified: 18 Jul 2023 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63493

Actions (login required)

View Item View Item