Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis proyek untuk meningkatkan literasi finansial siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anasa, Fadhilah Avichena (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis proyek untuk meningkatkan literasi finansial siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadhilah Avichena Anasa_D74219022.pdf

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis proyek agar menjadi perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi finansial siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu berupa Modul Ajar dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). Modul Ajar dan LKPD dikembangkan mengacu pada model pembelajaran berbasis proyek agar literasi finansial siswa meningkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Terdapat lima tahapan proses pengembangan, di antaranya: tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan, dan tahap evaluasi. Penelitian ini diterapkan kepada 34 siswa kelas VIII-A di SMP YPM 7 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik catatan lapangan, teknik validasi, teknik angket dan teknik tes. Setelah data diperoleh, data tersebut dianalisis menggunakan analisis proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran. Hasil yang didapatkan oleh penelitian ini meliputi: (1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran pada tahap analisis diperoleh data tentang rendahnya literasi finansial siswa, kendala kegiatan pembelajaran, kurikulum merdeka dan materi pembelajaran yang digunakan di SMP YPM 7 Sidoarjo. Tahap perancangan, peneliti merancang perangkat pembelajaran secara konseptual. Tahap pengembangan, peneliti membuat dan mengembangkan perangkat pembelajaran kemudian memvalidasi dan memperbaiki berdasarkan masukan para validator. Tahap penerapan, peneliti menerapkan perangkat pembelajaran kepada siswa kelas VIII-A di SMP YPM 7 Sidoarjo. Tahap evaluasi, peneliti mengevaluasi dan menilai seberapa besar keefektifan perangkat pembelajaran. (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan rata-rata total kevalidan modul ajar sebesar 4,73 dan LKPD sebesar 4,71 yang termasuk pada kriteria “sangat valid”. (3) Perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” pada kriteria “A” dengan rata-rata total nilai kepraktisan modul ajar sebesar 94,62 dan LKPD sebesar 94,44 yang berarti dapat digunakan tanpa revisi. (4) Penerapan perangkat pembelajaran matematika berbasis proyek untuk meningkatkan literasi finansial siswa telah dinyatakan “efektif” untuk meningkatkan literasi finansial siswa yang dibuktikan oleh nilai lembar angket sebesar 0,000 < 0,05 dan lembar tes sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi finansial siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anasa, Fadhilah Avichenafadhanasa@gmail.comD74219022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Keuangan
Keywords: Model pembelajaran; literasi finansial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fadhilah Avichena Anasa
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:21
Last Modified: 18 Jul 2023 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63499

Actions (login required)

View Item View Item