Pola-pola konflik sosial keagamaan: studi kasus pendirian GKI CitraLand Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaqiyah, Siti Miftakuz (2023) Pola-pola konflik sosial keagamaan: studi kasus pendirian GKI CitraLand Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Miftakuz Zaqiyah_E72219047.pdf

Download (3MB)

Abstract

Konflik sosial keagamaan sering kali menjadi sumber ketegangan sosial yang kompleks di dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kronologi dan pola-pola konflik pendirian GKI CitraLand di Surabaya. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan fokus pada pengumpulan data lapangan melalui wawancara dengan pendeta GKI CitraLand, beberapa tokoh Muslim di Lakarsantri, serta instansi pemerintah terkait seperti FKUB dan BAKESBANGPOL Surabaya. Pengumpulan data tersebut didukung oleh observasi dan dokumentasi dari berbagai literatur. Dalam analisis data temuan, penulis menggunakan teori konflik Johan Galtung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Konflik GKI CitraLand dan FPIL dipicu oleh perbedaan pendapat dan kepentingan. Pemerintah daerah awalnya menolak izin gereja, tetapi langkah-langkah dialog dan verifikasi tanda tangan telah diambil. GKI CitraLand mendapat rekomendasi dari FKUB dan Kementerian Agama serta sedang mengurus izin IMB. Ada kemajuan menuju penyelesaian konflik yang diharapkan. 2) Konflik pendirian GKI CitraLand di Lakarsantri melibatkan kontradiksi penggunaan lahan, perbedaan budaya, dan perilaku protes. Rapat muspika, mediasi, dan verifikasi tanda tangan dilakukan sebagai langkah awal penyelesaian, tetapi perlu tindakan lebih lanjut untuk mengatasi kekerasan struktural dan budaya yang mendasari konflik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaqiyah, Siti Miftakuzmiftakuzzaqiyah@gmail.comE72219047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id2009087702
Subjects: Kristen
Sosiologi
Keywords: Konflik keagamaan; gereja; GKI
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Siti Miftakuz Zaqiyah
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:30
Last Modified: 14 Aug 2023 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63508

Actions (login required)

View Item View Item