Pengaruh media Loose Part berbahan kain perca terhadap keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK PKK XI Winong Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, Rohmatul (2023) Pengaruh media Loose Part berbahan kain perca terhadap keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK PKK XI Winong Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmatul Lailiyah_D99219068 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian Media Loose Part Berbahan Kain Perca Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun dilatarbelakangi oleh kemampan keterampilan motorik halus anak yang masih belum berkembang dalam gerakan koordinasi mata dan tangannya. Kemampuan keterampilan motorik halus anak ketika mengerjakan dengan terburu-buru dalam melakukan kegiatan mainannya. Oleh karena itu, gerakan koordinasi tangan motorik halus anak pada kegiatan menempel, menggunting, dan menggambar sesuai imajinasinya perlu dikembangkan sesuai perkembangan anak sesuai usianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media loose part berbahan kain perca terhadap peningkatan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK PKK XI Winong – Pasuruan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis Pre eksperimental bentuk One group pretest - posttest design. Penelitian ini menggunakan penilaian pada kelompok yang sebelum diberikan perlakuan (pre test) dan setelah diberikan perlakuan (post test). Perlakuan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan media loose part berbahan kain perca pada kelompok B1 berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes kinerja, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Sign Test. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata sebelum diberi perlakuan (pre test) adalah 7,8 dan nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan media loose part bahan kain perca (post test) adalah 11. Hasil analisis data menggunakan uji sign test menunjukkan nilai Z hitung sebesar (-3,18), menggunakan tabel distribusi t dengan taraf signifikasi 5% maka dapat diperoleh Z tabel sebesar (1,96). Melalui kriteria uji Z hitung < Z tabel (-3,18 < 1,96), maka hasil pengambilan keputusan yaitu Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh media loose part berbahan kain perca dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, Rohmatulrohmatulliliyah359@gmail.comD99219068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com197304092005012002
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id201409007
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Media Loose Part berbahan kain perca; keterampilan motorik halus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Lailiyah Rohmatul
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:40
Last Modified: 18 Jul 2023 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63511

Actions (login required)

View Item View Item