Peningkatan kemampuan menghafal surat pendek melalui metode drill kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Firta Widdatun (2023) Peningkatan kemampuan menghafal surat pendek melalui metode drill kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firta Widdatun Nisa_D99219046.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya daya hafal surat-surat pendek pada anak usia dini, dimana yang sudah diamati pada metode-metode sebelumnya yaitu metode ceramah untuk upaya peningkatan daya hafal pada murid masih kurang efektif. Maka dari itu peneliti mencoba melakukan penelitian dengan menggunakan Metode Drill pada Murid Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Kota Surabaya. Dalam penerapan metode ini, peneliti menggunakan media pembelajaran yaitu surat-surat pendek salah satu dari surat pendek tersebut adalah surat Al-Ma’un pada Juz 30 didalam Al-Qur’an. Dari jumlah keseluruhan murid didapati anak yang memiliki kriteria nilai berbeda-beda antara lain mulai dari yang Belum Lancar (Belum Sempurna) sampai yang Sangat Lancar (Sangat Sempurna). Tujuan penelitian ini ialah : 1.) Untuk mengetahui penerapan Metode Drill melalui kemampuan menghafal surat-surat pendek pada Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Surabaya. 2.) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal surat-surat pendek setelah penerapan Metode Drill pada Kelompol B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Surabaya. Upaya peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan Metode Drill yaitu melalui tindakan Observasi, wawancara, dan tes terhadap Guru dan Murid yang mana pada observasi tersebut dilakukan dengan beberapa siklus, Siklu I dan siklus II. Pada observasi aktivitas guru dan murid terjadi peningkatan disetiap siklusnya, pada siklus I guru memperoleh nilai yang cukup yaitu 54 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84 (Sangat baik), sedangkan murid pada siklus I memperoleh nilai yang kurang yaitu 31 kemudian meningkat menjadi 77 (Baik).Setelah melakukan observasi peneliti melakukan penilaian dari kemampuan murid dalam menghafal surat pendek melalui beberapa indikator sebagai tanda keberhasilan dari kegiatan tersebut dimana pada penilaian ini terjadi peningkatan nilai yang diperoleh dari setiap murid, yaitu perolehan dari siklus I meningkat menjadi 56% dari tes awal 48%, kemudian di siklus II meningkat menjadi 84% dengan kriteria penilaian sangat sempurna. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya keberhasilan metode drill sebagai media dari aktivitas kegiatan pembelajaran TK Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya bisa dilihat dari adanya peningkatan hasil nilai observasi kepada guru dan murid, sehingga peneliti berharap metode ini menjadi acuan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah TK Aisyiah Bustanul Athfal 13 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Firta Widdatunpirta20@gmail.comD99219046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Peningkatan kemampuan; metode drill
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Firta Widdatun Nisa
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:26
Last Modified: 18 Jul 2023 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63515

Actions (login required)

View Item View Item