Penerapan akhlak tawadhu’ pada santriwati di Pondok Pesantren Salafiyah pasuruan: studi pemikiran tasawuf Kyai Hamid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umma, Alya Mafazza (2023) Penerapan akhlak tawadhu’ pada santriwati di Pondok Pesantren Salafiyah pasuruan: studi pemikiran tasawuf Kyai Hamid. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alya Mafazza Umma_E07219005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pentingnya menjaga sebuah sikap dan perilaku, baik berada disuatu lingkup pribadi maupun dimuka umum sangat penting untuk dimiliki oleh setiap manusia. Pada suatu lembaga atau yayasan yang merupakan salah satu tempat pembentukan karakter sangat diperlukannya perhatian khusus dalam menilai, terlebih pada suatu lembaga dengan berpedoman pada agama. Tempat lembaga pendidikan agama antara lain seperti taman baca dan tulis Al-Qur’an, madin, dan yang paling banyak tersebar di Indonesia adalah Pondok Pesantren.akhlak tawadhu’ memang bukan merupakan ajaran yang perlu kekhususan dalam pembelajaran, namun keadaan sekitar atau linkungan akan menjadi sebuah pemicu kea rah mana akhlak tawadhu' yang akan dimiliki setiap orang. Terutama pada sekolah atau Lembaga pendidikan lainnya karena kebanyakan waktu yang akan dihabiskan sepenuhnya ada di tempat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metodologi kualitatif. Adapun pendekatan studi yang digunakan adalah studi kasus. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis, peneliti menggunakan analisis deskriptif mengenai temuan yang diperoleh dari lapangan. Hasil penelitian ini adalah konsep akhlak tawadhu’ Kyai Hamid yang memiliki keterkaitan antara penerapan akhlak tawadhu’ santriwati pondok pesantren Salafiyah, seperti halnya berpakaian yang sederhana, bertuturkata lembut, berperilaku santun, saling menghormati tanpa melihat latar belakang seseorang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umma, Alya Mafazzaalyamafazza07@gmail.comE07219005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmar, Athoillahdakatir@live.com2014097902
Subjects: Akhlak
Pesantren
Tasawuf
Keywords: Tawadhu’; santriwati; Pondok Pesantren Salafiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Alya Mafazza Umma
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:08
Last Modified: 07 Sep 2023 06:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63535

Actions (login required)

View Item View Item