Pengaruh pelatihan pengembangan diri asesor terhadap peningkatan kompetensi asesor di BAN S/M Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jayanti, Rista Dwi (2023) Pengaruh pelatihan pengembangan diri asesor terhadap peningkatan kompetensi asesor di BAN S/M Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rista Dwi Jayanti_D93219095.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan pengembangan diri asesor terhadap peningkatanikompetensi asesoridi BAN S/M Jawa Timur.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel yaitu variabel pelatihan dan variabel kompetensi. Objek penelitian ini adalah Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Jawa Timur dengan jumlah responden penelitian sebanyak 75 asesor. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket/kuisioner. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket skala likert. Setelah angket terkumpul, peneliti melakukan uji validitas dengan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan rumus cronbach alpha. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, dimana sebelum melakukan analisis peneliti melakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan linieritas. Peneliti dalam melakukan analisis data dibantu dengan Aplikasi SPSS 20 for windows. Setelah dilakukan analisis, diperoleh hasil bahwa pelatihan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi asesor sebesar 29,7%. Melalui uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan rumus Y = 9,888 + 0,696X, berdasarkan rumusan tersebut apabila terdapat kenaikan pada variabel pelatihan akan menyebabkan naiknya variabel kompetensi dan sebaliknya apabila pelatihan menurun, maka kompetensi akan ikut menurun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jayanti, Rista Dwirdj.rista@gmail.comD93219095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Thesis advisorFauzi, Ahmadahmad.fauzi@uinsby.ac.id2025057904
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Pelatihan; kompetensi; asesor, BAN S/M
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rista Dwi Jayanti
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:18
Last Modified: 20 Jul 2023 01:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63540

Actions (login required)

View Item View Item