Hubungan pola asuh otoriter dan self-monitoring dengan perilaku berbohong pada mahasiswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Hamidah (2023) Hubungan pola asuh otoriter dan self-monitoring dengan perilaku berbohong pada mahasiswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hamidah Amalia_J91219104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berbohong merupakan perilaku yang sering dilakukan seseorang untuk menghindari situasi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pola asuh otoriter dan self-monitoring dengan perilaku berbohong pada mahasiswa. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur perilaku berbohong adalah Development of the lying in everyday situations (LiES) scale yang dikembangkan oleh Hart et al., (2019) dengan jumlah aitem 14. Kemudian alat ukur yang digunakan untuk mengukur pola asuh otoriter adalah Parental Authority Questionnaire (PAQ) scale yang disempurnakan oleh Robinson et al.,(1995) dengan jumlah aitem 20. Sedangkan alat ukur yang digunakan untuk mengukur self-monitoring adalah Self-Monitoring Scale yang disempurnakan oleh Snyder (1974) dengan jumlah aitem 25. Penelitian ini dilakukan pada 385 mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) di Surabaya antara lain Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan UPN Veteran Jawa Timur. Analisis statistik menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan SPSS. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh otoriter dengan perilaku berbohong dengan skor signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Kemudian pada variabel self-monitoring tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku berbohong diperoleh hasil signifikansi sebesar 0.785 > 0.05. Selanjutnya variabel pola asuh otoriter dan self-monitoring memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku berbohong dengan skor signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Disarankan pada penelitian selanjutnya agar dapat melakukan penelitian lebih lanjut yang tidak hanya terbatas pada pola asuh otoriter, melainkan pada jenis pola asuh lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Hamidahhamidahamalia002@gmail.comJ91219104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFithri, Rizmasoobihah@gmail.com2012037402
Subjects: Perilaku
Psikologi Sosial
Keywords: Perilaku berbohong; pola asuh otoriter; self-monitoring; mahasiswa
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Hamidah Amalia
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:58
Last Modified: 24 Jul 2023 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63541

Actions (login required)

View Item View Item