Pemberdayaan kelompok tani dalam upaya pengendalian serangan hama pertanian di Dusun Kepuhsari Desa Ngrandulor Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnamasari, Lady safira (2023) Pemberdayaan kelompok tani dalam upaya pengendalian serangan hama pertanian di Dusun Kepuhsari Desa Ngrandulor Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lady Safira Purnamasari_B92219101 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemberdayaan kelompok tani dalam upaya pengendalian serangan hama pertanian dengan cara sekolah lapang pengendalian hama terpadu (SLPHT). Proses pemberdayaan kelompok tani yang bertujuan agar masyarakat petani memahami cara pengendalian hama dengan tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode PAR (Participatory Action Research). Pendekatan ini PAR memiliki beberapa metode yang dapat digunakan seperti, wawancara mendalam dengan pihak yang terkait, observasi, kemudian FGD (Focus Group Discussion). Hasil kegiatan pemberdayaan kelompok tani terkait kondisi pertanian yang wilayahnya endemis dengan hama. Para petani bisa membuat dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti pembuatan pestisida organik dan fungisida organik. Strategi yang digunakan terkait aksi yang sudah dilaksanakan yaitu aspek manusia mengenai pemahaman sekolah lapang pengedalian hama terpadu, terbentuknya kelompok SLPHT, adanya kebijakan terkait pengendalian hama, pengendalian hama tikus menggunakan alat pengemposan. Hasil setelah kegiatan para petani memiliki kesadaran, keterampilan dalam pengendalian hama. Kemudian adanya inovasi yang dilakukan pada kelompok sebagai wadah belajar bagi petani.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnamasari, Lady safiraB92219101@student.uinsby.ac.idB92219101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Hama, Pembasmian
Pertanian
Keywords: Pemberdayaan; Kelompok tani; Pengendalian hama
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Lady Safira Purnamasari
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:44
Last Modified: 05 Sep 2023 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63542

Actions (login required)

View Item View Item